PENGARUH ONLINE SERVICESCAPE DAN TRUST TERHADAP NIAT KONSUMEN MELAKUKAN RESERVASI HOTEL SECARA ONLINE PADA SITUS WEB SHANGRI-LA SURABAYA

  • Hendrik Kurniadi Jurusan Managemen / Universitas Surabaya
Abstract Views: 92 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 103 times
Keywords: E-Servicescape, Consumer Trust, Purchase Itention, E-commerce, Servicescape

Abstract

Intisari - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh online servicescape dan trust terhadap niat konsumen melakukan reservasi hotel secara online. Objek yang diambil adalah Hotel Shangri-La. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah 150 respomden yang pernah melakukan reservasi secara online pada situs web hotel shangri-la Surabaya minimal 6 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel penelitian ini adalah non-probability sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melalui pengujian secara statistik. Pengujian dilakukan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Analisis of moment structures (AMOS 16). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor behavioral intentions mempunyai hubungan yang signifikan yaitu antara Aesthetic Appeal terhadap Trust. Financial Security memiliki hubungan yang signifikan terhadap Trust dan Trust memiliki hubungan yang signifikan terhadap Purchase Itention. Sedangkan faktor Layoutand Functionally menunjukan tidak adanya hubungan dengan Trust.

Katakunci: E-Servicescape, Consumer Trust, Purchase Itention, E-commerce, Servicescape.

Abstract - This study aims to identify and analyze the influence of online servicescape and trust the intentions of consumers conduct online hotel reservations. Objects taken is the Hotel Shangri-La. The data used in this study are primary data obtained from questionnaires. Respondents in this study were 150 respomden ever make reservations online on the hotel website shangri-la Surabaya at least 6 months. The sampling technique of this study was non-probability sampling. This study uses a quantitative approach through statistical testing. Testing is done using Structural Equation Modeling (SEM) with the help of analysis of moment structures (AMOS 16). The results indicate that behavioral intentions factors had a significant relationship is between Aesthetic Appeal against the Trust. Financial Security has a significant relationship to the Trust and the Trust has a significant relationship to pruchase Itention. While the layout and Functionally factors showed no relationship with the Trust.

Keywords: E-Servicescape, Consumer Trust, Purchase Itention, E-commerce, Servicescape. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2015). Profil Pengguna Internet

Indonesia tahun 2014. Jakarta: Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.

Dilaga A. (2014). Analisis Strategi Promosi Melalui Pemanfaatan Website dalam Penenganan Reservasi Kamar di Shangri-La Hotel Jakarta. Diunduh tanggal 20 April 2016.

Euflyer Boarding Area. Shangrila Hotel: Shangri-La Golden Circle points. Diunduh tanggal 20 April 2016.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi Multivariat dengan Program IBM SPSS 20. Semarang: BPUNDIP.

Gunawan C.K., & Wicaksono A. (2014). Analisa Persepsi Konsumen terhadap Online Servicescape Website Bakery. Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa, Vol. 1 (3), 215-229.

Harris L.C., & Goode M.M.H. (2010). Online Servicescape, Trust and Purchase Intention. Journal of Science Marketing, Vol. 24 (3), 230-243.

Hotel Shangri-La. Diunduh tanggal 20 April 2016.

Internet World Stats. (2015). Internet Users in Asia. Diunduh tanggal 20 April 2016.

Kotler P., & Keller K.L. (2012). Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Kühn S.W., Spies H., & Petzer D.J. (2015). Online Servicescape Dimensions as Predictors of Website Trust in the South African Domestic Airline Industry. Southern African Business Review, Vol. 19 (1 ), 44-71.

Mahkota A.P. (2014). Pengaruh Kepercayaan dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian Online (Studi pada Pelanggan Website Ride Inc). Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 8 (2), 1-7.

Malhotra N.K. (2002). Marketing Research: An Applied Orientation. New Jersey: Pearson Education.

Pratama, I.P.A.E. (2015). E-Commerce, E-Business dan Mobile Commerce. Bandung: Informatika.

Propongsaton C., Shaktong N., Chaipoopirutana S., & Combs H. (2012). The Factors Influencing Consumer Trust in Internet Shopping in Thailand. ASBBS Annual Confrence: Las Vegas, Vol. 19 (1), 736-745.

Sarwono, J. (2013). Statistik Multivariat: Aplikasi untuk Riset Skripsi. Yogyakarta: ANDI.

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sulatiyono A. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel dan Laundry Hotel. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Trip Advisor. Shangri-La Hotel Surabaya. Diunduh tanggal 20 April 2016.

Turban, Efraim et al. (2012). Electronic Commerce: A Managerial Perspective. New Jersey: Pearson-Prentice Hall

Widarjono, A. (2012). Analisis Statistika Multivariat Terapan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Zeithaml, A.V., & Bitner J.M. (1996). Delivering and Performing Service. Boston: McGraw-Hill.

Zeithmal, A.V., Bitner J.M., & Gremler D.D. (2011). Service Marketing: Integrating Customer Focus Across the Firm. Boston: McGraw-Hill.
Published
2017-03-01