PENERAPAN PERSONNEL DAN CULTURAL CONTOL BERBASIS NILAI BUDDHIS DALAM UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA DISTRIBUTOR PADA PERUSAHAAN MLM PT. 4LIFE

  • Diny Pratiwi Jurusan Akuntansi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 64 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 86 times
Keywords: Personnel control, Cultural control, distributors performance, Buddhist value

Abstract

ABSTRAK - Pengendalian mempunyai peran penting dalam mencapai tujuan bagi suatu perusahaan, dimana di dalam perusahaan tersebut dijalankan oleh berbagai macam individu yang mempunyai latar belakang yang berbeda-beda, sehingga akan memunculkan permasalahan pengendalian, yaitu masalah motivasi keja yang dipengaruhi oleh kinerja distributor. Salah satu pengendalian manajemen yang dapat digunakan untuk membantu mengatasi permaslahan tersebut adalah personnel dan cultural control. Pengendalian ini di desain untuk menumbuhkan self monitoring pada masing-masing distributor maupun terhadap nilai dan norma yang sudah ada dan menjadi bagian dari budaya perusahaan, sehingga akan dapat tercapai adanya mutual monitoring antar sesama mitra kerja. Dalam kehidupan orang percaya, bentuk pengendalian yang berbasis nilai buddhis dan berpegang pada syair kebenaran sang Buddha merupakan pengendalian yang paling efektif dan efisien, karena mengandung nilai-nilai kebenaran mutlak. Berawal dari kondisi tersebut, maka penelitian ini mencoba untuk mengangkat dan membahas penerapan personnel dan cultural control untuk mengefektifkan kinerja distributor pada PT. 4life. Pengendalian yang selama ini diterapkan oleh PT. 4life sebenarnya sudah cukup mampu untuk meningkatkan kinerja distributornya, namun masih terdapat beberapa masalah, sehingga mempengaruhi kinerja distributor. Oleh karena itu, penerapan personnel dan cultural control yang tepat dan adanya keterkaitan antara kinerja individu maupun kelompok diharapkan mampu mengefektifkan kinerja dan mengatasi masalah yang ada pada PT. 4life, sehingga dapat mendukung tercapainya tujuan PT. 4life di masa yang akan datang.

Kata kunci: Personnel control, Cultural control, Kinerja distributor, Nilai Buddhis.

ABSTRACT - Control has an important role in achieving the objectives of a company, which in this company are run by a variety of individuals who have a different backgroud, so it will bring up the issue of control, namely the work motivation problems affected by distributors performance. One of management control can be used to help overcome such problem is personnel and cultural control. This control is desained to grow self monitoring on each distributors even on existing values and norms and becomes a part of company culture, so it will reach mutual monitoring among work partners. In the life people believe based buddhis value control form and hold to Buddha’s truth poem are the most effectie and efficient control because it contains of absolute truth values. Starting from these conditions , this research tries to raise and discuss the implementation of personnel and cultural controls for the effective performance of distributors at the PT.4life . Control which has been applied by PT.4Life has actually been quite able to improve the performance of distributors , but there are still some problems thus affecting the performance of distributors. Therefore, the right application of personnel and cultural controls and the existing of a correlation between the performance of individuals and groups are expected to streamline performance and resolve problems that exist on the PT.4life, so as to support the achievement of the PT.4Life in the future.

Keywords: Personnel control, Cultural control, distributors performance, Buddhist value

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barker, Tansu A. 1999. Benchmark Of Succesful Sales Performance. Canadian Journal Of Administrative Science.

Carolina, Cindy. 2005. Penerapan Personnel dan Cultural Control untuk Meningkatkan Motivasi Buruh di Pabrik X di Gempol. Surabaya. Skripsi. Surabaya: Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya

Direct Selling News. 2015. DSN Global 100 List. (http://directsellingnews.com/index.php/view/2015_dsn_global_100_list#.VW8q3s-qqkp (diunduh tanggal 24 Mei 2015)

Djasuli, Mohamad., dan Harwida, G. A. 2012. Spiritual Terhadap Hubungan Antara Motivasi Kerja Dan Kinerja Pegawai Negri Sipil: Studi Empiris pada Pemerintah Daerah Sampang. Surabaya.

Ehipassiko Foundation. 2013. Dhammapada: Syair Kebenaran. Indonesia.

Indonesia, APLI. Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. (http://www.apli.or.id/anggota/#cn-top, (diunduh tanggal 24 Mei 2015).

Lisonbee, David. 2013. Company Profil 4life Research. (http://www.transferfactor.web.id/index.php/company-profile (diunduh tanggal 20 Mei 2015)

Merchant, K.A., & Van der Stede, W.A. 2007. Management control system: performance measurement, evaluation and incentivies, 2nd edition. Prentice Hall, New Jersey.

MLM Leaders. 2007. The Secret Books Of MLM, Jakarta.

Odop, Nistains. 2007. Menjadi MLMers Dahsyat. MedPress, Yogyakarta.

Prabu, Anwar. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung.

Santoso, Benny. 2003. All About MLM: Memahami Lebih Jauh MLM Dan Pernak-Perniknya. Yogyakarta: Penerbit Andi

Thich Nhat Hanh. 2010. Keajaiban Hidup Sadar. Penerbit: Karaniya

Thich Nhat Hanh. 2015. Lima Latihan Sadar Penuh. (http://ekacarya.org/5-latihan-sadar-penuh/ (diunduh 8 Agustus 2015).
Published
2017-09-01