EVALUASI PENERAPAN SISTEM REWARD AND PUNISHMENT UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SALESMAN DILIHAT DARI PERSPEKTIF RESULT CONTROL PADA PT. X - BALI

  • Junita Marta Wiselie Jurusan Akuntansi / Universitas Surabaya
  • Stevanus Hadi Darmaji Jurusan Akuntansi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 132 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 550 times
Keywords: salesman performance, reward, punishment, result control

Abstract

Abstrak – Setiap perusahaan menerapkan system pengendalian manajemen yang berbeda-beda untuk dapat mengarahkan seluruh karyawannya. Diharapkan dengan adanya pembentukan system pengendalian manajemen terutama ditinjau dari segi result control dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kinerja salesman dan dapat mengatasi permasalahan yang muncul sehingga dapat mencapai tujuan organisasi. Peningkatan kinerja salesman merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan karena salesman berperan penting dalam proses pemasaran produk. Seperti yang diketahui bahwa dalam perusahaan dagang, salesman merupakan bagian terpenting karena merupakan bagian yang bertugas untuk menawarkan produk secara langsung kepada konsumen. Oleh karena itu adanya penerapan system reward dan punishment yang benar dalam result control dapat meningkatkan kinerja salesman dalam memasarkan produk kepada konsumen.Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menjelaskan bahwa terdapat rekomendasi-rekomendasi perbaikan yang diperlukan oleh PT X dalam penerapan system result control untuk dapat meningkatkan kinerja salesman dalam memasarkan produk kepada konsumen, sehingga dapat mencapai target dan tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, melalui pembentukan system reward dan punishment.

Kata kunci: kinerja salesman, reward , punishment, result control

Abstract –Each company implemented a system of management control different to direct all its employees. Hopefully, by the establishment of management control system, especially in terms of result control can help the company improve the performance of salesmen and can overcome the problem so as to achieve organizational goals. Improved performance is critical salesman in a company because the salesman plays an important role in the process of marketing the product.As it is known that the trading companies, the salesman is the most important part because it is part of the duty to offer products directly to consumers. Therefore, the application of the system of reward and punishment is correct in control result can improve the performance of salesmen in marketing the product to consumers.Results of research conducted by researchers explain that there are recommendations for improvement that are required by PT X in the application of the system result control to improve the performance of salesmen in marketing products to consumers, so as to achieve the targets and goals set by the company, through the formation of reward system and punishment.

Keywords: salesman performance,reward, punishment, result control

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anthony, Robert N. and Vijay Govindarajan. 2001 . Management Control System. Tenth edition. Mc Grauw Hill Companies Inc, New York.

Anthony dan Reece ( 1989:824) Pengetian Sistem Pengendalian Manajemen

(http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/10/sistem-pengendalian-manajemendefinisi.html. Diakses tanggal 12 februari 2014) Journal of Managerial Psychology Vol.19 p. 218-234.

Atkinson, Anthony A. and Robert S. Kaplan. 1998. Advanced Management Accounting. Third edition. Prentice Hall International Ltd, NJ.

Herath, Siriyama Kanthi. 2007. A framework for management contro lresearch Journal of Management Development Vol. 26 p.895-915.

Hoecht, Andreas. 2004. Control in collaborative research and technology development : A case study in the chemical industry
Published
2017-09-01