STUDI DESKRIPTIF MENGGAMBARKAN PERCEIVED VALUE WISATAWAN NUSANTARA DAN WISATAWAN NASIONAL TERHADAP BIRO PERJALANAN DI SURABAYA

  • Yafet Victor Tanamal Jurusan Ilmu Ekonomi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 47 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 71 times
Keywords: Tourism, perceived value, tourists

Abstract

Abstrak - Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan perceived value wisatawan nusantara dan wisatawan nasional yang menggunakan biro perjalanan di Surabaya. Penelitian ini adalah berjenis riset deskriptif, Dimensi dari perceived value yaitu fungtional value of the travel agency (installations), functional value of the contact personnel of the travel agency (professionalism), functional value of the tourism package purchased (quality), fungtional value price, emotional value, dan social value. Sumber data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian berupa kuesioner yang memperoleh data mengenai penilaian perceived value pada biro perjalanan di Surabaya. Secara keseluruhan, persepsi responden terhadap perceived value wisatawan nusantara dan wisatawan nasional yang menggunakan biro perjalanan di Surabaya adalah baik. Dimensi functional value of the tourism package purchased (quality) adalah dimensi yang dipersepsikan paling baik karena dengan nilai rata- rata tertinggi diantara dimensi perceived value lainnya.

Kata kunci: Pariwisata, perceived value, wisatawan

Abstract - The goal of this study is to describe the perceived value of national tourists and travelers who use travel agents in Surabaya. This assessment is descriptive research manifold. The dimensions of perceived value that is fungtional value of the travel agency (installations), functional value of the contact personnel of the travel agency (professionalism), functional value of the tourism package purchased (quality), fungtional price value, emotional value and social value . Source of data used in this study was a questionnaire study to obtain data on the perceived value assessment at a travel agency in Surabaya. Overall, respondents' perceptions of perceived value tourists and national tourists who use a travel agency in Surabaya is good. Dimensional functional value of the tourism package purchased (quality) is the dimension of the perceived best because the average value of the highest among other perceived value dimensions.

Keywords: Tourism, perceived value, tourists

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Goesti D., 2001, Pariwisata Indonesia, Bandung, Yayasan Trisakti.

Darmadjati, RS., Istilah-Istilah Dunia Pariwisata. Cetakan Revisi, Jakarta, PT. Pradnya Paaramita.

Gronroos, C., 1992, Service Management And Marketing, Toronto, Lexington Books.

Kesrul, M., 2003, Penyelenggaraan Operasi Perjalanan Wisata, Jakarta, PT. Grasindo.

Kinnear, Thomas C., Bernhardt, Kenneth L., dan Krentler, Kathleen A., 2005, Kotler, Philip dan Armstrong, Gary, Principles of Marketing, London, PrenticeHall.

Kotler, Philip, 2000, Marketing Management, London, Prentice-Hall.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane, 2006, Marketing Mangement 12th Edition, London, Prentice-Hall.

Lundberg, Donald, Stavenga, Mink H., dan Krishnamoorty, E.M., 1997, Tourism Economics, New York, Wiley and Sons.

Marpaung, Happy, 2002, Pengetahuan Kepariwisataan, Bandung, Alfabeta.

Muljadi, A. J. 2009, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Pitana, I Gde & I Ketut Surya, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Yogyakarta, ANDI.

Sihite, Richard, 2000, Tourism Industry, Surabaya, SIC.

Sulistyo-Basuki, 2006, Metode Penelitian, Jakarta, Wedatama Widya Sastra dan Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Syafiie, Inu Kencana, 2009, Pengantar Ilmu Pariwisata, Bandung, Mandar Maju.

Wardiyanta, 2006, Metode Penelitian Pariwisata, Yogyakarta, CV Andi Offset.

Yoeti, O.A., 1997, Tours and Travel Management, Jakarta, Prodnya Paramitha.

http://anakpulausamosir.blogspot.com diunduh pada tanggal 3 Desember 2014

http://itsmysimple.files.wordpress.com diunduh pada tanggal 5 Desember 2014

https://www.academia.edu diunduh pada tanggal 5 Desember 2014

http://dinaspariwisata.go.id diunduh pada tanggal 5 Desember 2014

www.wego.com diunduh pada tanggal 10 November 2014

www.kemenkraf.com diunduh pada tanggal 13 November 2014

www.bps.go.id diunduh pada tanggal 30 November 2014

www.kompasiana.com diunduh pada tanggal 7 Desember 2014

http://inilah.ekonomi.com diunduh pada tanggal 16 Desember 2014

www.industri.bisnis.com diunduh pada tanggal 18 Desember 2014

www.newasiasingapore.com diunduh pada tanggal 20 November

www.bisnis.com diunduh pada tanggal 20 November 2014

www.wikipedia.com diunduh pada tanggal 1 Desember 2014

www.travel.kompas.com diunduh pada tanggal 27 Desember 2014

www.travellingbisnis.com diunduh pada tanggal 5 Desember 2014

www.elsevier.com diunduh pada tanggal 7 November 2014
Published
2017-09-01