PENGARUH KEPERCAYAAN MEREK DAN IDENTIFIKASI MEREK TERHADAP BRAND EVANGELISM SEPATU ATLETIK MEREK NIKE DI SURABAYA

  • Gavin Rorisa Pugara Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 393 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 340 times
Keywords: kepercayaan merek, identifikasi merek, brand referral, brand evangelism

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan merek dan identifikasi merek terhadap brand evangelism di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah applied research yang menggunakan 5 variabel yaitu kerpercayaan merek, identifikasi merek, serta brand evangelism yang digambarkan oleh brand purchase intention, positive brand referral dan oppositional brand referral. Sumber data yang digunakan adalah data primer yaitu dengan menyebarkan kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 138 kuesioner yang telah disebarkan di Surabaya.  Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dan data akan diolah dengan menggunakan bantuan SPSS 18.0 for windows dan Lisrel 8.70. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara brand trust dan brand identification terhadap brand evangelism. Sedangkan pengaruh brand trust dan positive brand referral terhadap oppositional brand referral tidak terbukti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Albert, N., and Merunka, D., 2013, The Role of Brand Love in Consumer-Brand Relationships, Journal of Consumer Marketing, Vol 30, No 3.

Becerra, E., dan Badrinarayanan, V., 2013, The Influence of Brand Trust and Brand Identification on Brand Evangelism, Journal of Product and Management, Vol 22, No 5.

Doss, K., Spreading The Good Word: Toward an Understanding of Brand Evangelism, Journal of Management and Marketing Research, Vol 14, No 1.

Ferdinand, A., 2002, Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Fakultas Ekonomi UNDIP, Semarang.

Ferrel, O.C., Hartline, M.D., 2008, Marketing Strategy, Fourth Edition, Neil Marquadth, USA.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., dan Anderson, R.E., 2010, Multivariate Data Analysis, Seventh Edition, Pearson Prentice Hall.

Ibrahim, I., Subari, K., Kassim, K., Mohamood, S., 2013, Antecendent Stiring Purchase Intention of Smartphone Among Adolences in Prelis, International Journal of Academic Research in Social Sciences, Vol 3, No 12.

Kotler, Philip, and Gary Armstrong, 2006, Principles of Marketing, Eleven Edition, Prentice Hall, Inc., New Jersey.

Lam, S., Ahearne, M., Hu, Y. and Schillewaert, N., 2010, Resistance to Brand Switching When a Radically New Brand is Introduced: a Social Identity Theory Prospective, Journal of Marketing, Vol 66, No 2.

Matzler, K., Pichler, E., and Hemetsberger, A., 2007, Who is Spreading The Word? The Positive of Influence of Extraversion on Consumer Passion and Brand Evangelism, Proceedings of The American Marketing Association Winter Conference, Vol 25, No 25.

Sundaram, D., Mitra, K., and Webster, C., 1998, Word-of-Mouth Communications: a Motivational Analysis, Advances in Consumer Research, Vol 25, No 1.

Widjanto, S.H., 2008, Structural Equation Modeling dengan Lisrel 8.8, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Published
2017-09-01