STUDI EXPLANATORI SATISFACTION DAN REPURCHASE INTENSIONS DENGAN MODERASI PENGALAMAN BELANJA ONLINE DI SURABAYA
Abstract
Indonesia merupakan Negara yang cukup berkembang, diikuti dengan perkembangan teknologi berupa internet. Semakin berkembangnya teknologi dalam bidang internet ini membuat para pelaku bisnis memanfaat peluang untuk memulai usaha online shop. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh effort expectancy, performance expectancy, self efficacy, dan trust terhadap satisfaction dan pengaruh satisfaction terhadap intention to repurchase dalam pembelian online. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling, dimana sampel berupa responden yang terbagi menjadi dua kelompok konsumen pegalaman rendah (transaksi kurang dari 5) dan kosnumen pengalaman tinggi (transaksi lebih dari 5), berdasarkan pengalaman responden melakukan transaksi minimal satu kali dalam enam bulan terakhir pada situs belanja online. Analisis dalam penelitian ini dengan menggunakan model SEM (Structural Equation Modeling) dan diolah menggunakan software SPSS versi 18.0 for Windows serta Amos 16 untuk pengujian Model Measurement dan Structural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada efek moderasi dalam variabel Effort Expectancy, Performance Expectancy, Self Efficacy, Trust terhadap variabel Satisfaction dan Intention to Repurchase. Dijelaskan melalui hasil penelitian ini pengalaman konsumen tidak memperkuat hubungan antara variabel eksogen dan variabel endogen.
Downloads
References
Bandura, A. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed.), Encyclopedia of human behavior (Vol. 4, pp. 71-81).
Bandura, A., 2006, Self-Efficacy Beliefs of Adolescents, Information Age Publishing, 307–337
Bungin, B., 2004, Metodologi Penelitian Sosial: Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif, Surabaya: Airlangga University Press.
Chinomona, R. dan M. Sandada, 2013, Customer Satisfaction, Trust and Loyalty as Predictors of Customer Intention to Re-Purchase South African Retailing Industry. Mediterranean Journal of Social Sciences. Vol 4 No 14. pp. 437-446
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.