Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi

  • Suroso Suroso Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Niken Titi Pratitis Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Reni Oktaviana Cahyanti Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Farra Lailatus Sa’idah Sa’idah Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
Abstract Views: 2205 times
PDF Downloads: 2019 times
Keywords: self regulated learning, dukungan sosial, prokastinasi akademik

Abstract

Abstract— Student academic procastination is a tendency to procrastinate in completing assignments so that it results in not completing assignments and even hindering his studies in Higher Education One of the causes of internal factors is the lack of strategy and self-regulation or self-regulation, while external factors that are also predicted to cause procastination are social support. This quantitative study was aimed at examining the relationship between self-regulated learning and social support and academic procrastination during the pandemic. Research respondents were 266 students of all majors from various public and private universities whose data were obtained through the google form scale, which was distributed through social media applications. The data analysis technique used is the non-parametric Spearman Brown technique and the parametric Pearson correlation technique. The results of data analysis showed that there was a significant correlation between self-regulated learning and academic procastination (sig.0.029) but there was no significant correlation between social support and academic procastination (sig. 0.903).

Keywords: self regulated learning, social support, academic procastination


Abstrak— Prokastinasi akademik mahasiswa merupakan kecenderungan perilaku menunda-nunda menyelesaikan tugas hingga berakibat tidak terselesaikannya tugas bahkan terhambat studinya di Perguruan Tinggi. Salah satu faktor internal penyebabnya adalah kurangnya strategi dan pengaturan diri atau regulasi diri (self regulated) sementara faktor eksternal yang juga diprediksi dapat menyebabkan prokastinasi adalah, dukungan sosial. Penelitian kuatitatif iniditujukan untuk menguji hubungan antara self regulated learning dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik dimasa pandemi. Responden penelitian adalah 266 orang mahasiswa semua jurusan dari berbagai universitas negeri maupun swasta yang datanya diperoleh melalui skala google form, yang disebarkan melalui aplikasi media sosial. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik non parametric spearman brown dan teknik parametric pearson correlation. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat korelasi yang signifikan antara self regulated learning dengan prokastinasi akademik (p= 0,029) tetapi tidak ada korelasi yang signifikan antara dukungan sosial dengan prokastinasi akademik (p= 0,903).

Kata kunci : self regulated learning, dukungan sosial, prokastinasi akademik

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afriansah 2019. Hubungan Antara Regulasi Diri dan Dukungan Sosial Teman dengan Prokrastinasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Pendidikan agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifudin Jambi. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, Vol.3, No. 2.

Anisahwati, P 2016. Pengaruh Perfectionism dan Dukungan Sosial Terhadap Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Tesis dan Disertasi. Tazkiya Journal of Psychology, Vol. 4 No. 1.

Dewi, S.S & Alfita, L. 2015. Perbedaan Prokrastinasi Akademik Antara Mahasiswa yang Berpacaran dan Tidak Berpacaran. Jurnal Diversita, Vol. 1, No. 1.

Dwi, L., Rahayu, A. 2018. Hubungan Dukungan Sosial dan Self Eficacy dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Perantau yang Berkuliah Di Jakarta. IKRAITH-HUMANIORA, Vol. 2, No.2.

Ferrari, J.R., Johnson, J.L & Mc. Cown, W.G. 1995. Procrastination And Task Viodance. New York : Plenum Press.

Ghufron & Rini Risnawati, M.Nur. 2010. Teori – Teori Psikologi. Jojakarta : Ar – Ruz Media

Kumalasari, Fani & Ahyani,L.N. 2012. Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Penyesuaian Diri Remaja Di Panti Asuhan. Jurnal Psikologi Pitutur. Vol 1, 21-31

Latifah. 2018. Hubungan Self Regulated Learning dan Self Esteem dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi Di Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurnal Penelitian Psikologi. Vol. 05 No. 03.

Nugraha, P. 2013. Pengaruh Self Esteem terhadap Motivasi Bertanding Pada Atlet Ukm Sepak Bola Universitas Pendidikan (Skripsi, dipublikasikan). Program Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Rini, P.D. 2009. Hubungan Antara Sense of Humor dengan Somatisasi. Skripsi. (Tidak Diterbitkan). Surakarta : Fakultas Psikologi Universitas Surakarta.

Solomon, L.j., & Rothblum, E.D. 1989. Academic Procrastination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology. Vol.31. Diakses tanggal 17 November 2009 dari http://all.successcenterohio- state.edu/references/procrastinator _APA_paper.htm.

Steel, P. 2007. The Nature of Procrastination : A Meta-Analytic and Theoretical Review of Quintessential Self-Regulatory Failure. Psychological Bulletin Journal. Vol. 133, No. 1

Ursia, N.R , Siaputra, I.B & Sutanto, N. 2013. Prokrastinasi Akademik dan Self Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora. Vol. 17, No. 1, hlm. 1-18

Zimmerman, B. J. 1989. A Social Cognitive View of Self-Regulated Academic Learning. Journal of Educational Psychology, Vol. 81, No. 3 , hlm. 329-339.

Zimmerman, B. J., & Martinez-Pons, M. 1990. Student differences in selfregulated learning: relating grade, sex, and giftedness to self-efficacy and strategy use. Journal of Educational Psychology, Vol. 82, hlm. 51–59.

Sihyati, T.P. 2019. Mengatasi Kebiasaan Menunda Tugas/Prokrastinasi Pada Pelajar. Artikel. Diunduh dari https://www.rakyatpos.com/mengatasi-kebiasaan-menunda-tugas-prokas-tinasi-pada-pelajar.html/, 3 Agustus 2020

Arifin, S. 2019. Mengatasi Kasus Prokrastinasi Akademik dengan BKG-Pro E-Learning. Artikel. Diunduh dari https://www.nu.or.id/post/read/112135/mengatasi-kasus-prokrastinasi-akademik-dengan-bkg-pro-e-learning, 3 Agustus 2020

Arifin, S. 2020. Sering Tunda Pekerjaan, Ini Dampak Prokrastinasi pada Kesehatan Mental Tak baik bila dilakukan terus-menerus. Artikel. Diunduh dari https://www.indozone.id/ life/Z8sDn3/sering-tunda-pekerjaan-ini-dampak-prokrastinasi-pada-kesehatan-mental/ read-all, 3 Agustus 2020

Sudarko, F.N. 2020. Kuliah Online? Awas Diserang Prokrastinasi!. Artikel. Diunduh dari https://gensindo.sindonews.com/berita/2192/1/kuliah-online-awas-diserang-prokrasti-nasi, 20 April 2020

Rustam, A. (2019). Perilaku Prokastinasi Akademik pada Mahasiswa. Abstrak. Jurnal Bimbingan Konseling FKIP Universitas Syiahkuala, Vol. 4, No. 1.

Published
2021-04-30
How to Cite
Suroso, S., Pratitis, N. T., Cahyanti, R. O., & Sa’idah, F. L. S. (2021). Self Regulated Learning dan Dukungan Sosial dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa di Masa Pandemi. Keluwih: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 2(1), 1-7. https://doi.org/10.24123/soshum.v2i1.3953