DETEKSI PRAKTIK EARNING MANAGEMENT DAN FINANCIAL PERFORMANCE SEBELUM DAN SESUDAH MERGER ATAU AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009

  • Natania Ongkowidjojo Universitas Surabaya

Abstract

Di Indonesia, pasca krisis moneter tahun 2000-2008, strategi merger dan akuisisi dipilih karena dapat menciptakan sinergi nilai perusahaan yang lebih besar, sehingga kinerja perusahaan pasca merger dan akuisisi semakin baik. Namun merger dan akuisisi mendorong perusahaan melakukan tindakan manajamen laba karena ingin menarik perusahaan target. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeteksi apakah perusahaan pengakuisisi melakukan praktik earnings management sebelum merger atau akusisi, juga untuk menganalisis apakah terjadi peningkatan financial performance yang signifikan oleh perusahaan pengakuisisi antara sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Earnings management diproksikan menggunakan discretionary accrual Financial performance diproksikan menggunakan Return on Asset ratio, Return on Equity ratio, Net Profit Margin ratio, Total Asset Turnover ratio, dan Debt to Equity ratio dengan sampe] perusahaan yang melakukan merger atau akuisisi periode 2005-2009 di BEI. Hasil dari penelitian ini menunjukkan indikasi earnings management oleh pengakuisisi sebelum merger atau tidak terbukti pada 2 dan 1 tahun sebelum merger atau akuisisi, namun pada 4 dan 3 tahun sebelum merger atau akuisisi terbukti. Hasil penelitian menunjukkan tidak terjadi peningkatan signifikan financial performance oleh pengakuisisi antara sebelum dan sesudah merger atau akuisisi.

Published
2013-03-01
How to Cite
ONGKOWIDJOJO, Natania. DETEKSI PRAKTIK EARNING MANAGEMENT DAN FINANCIAL PERFORMANCE SEBELUM DAN SESUDAH MERGER ATAU AKUISISI PADA PERUSAHAAN PENGAKUISISI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2005-2009. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 20, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/114>. Date accessed: 23 july 2017.