PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI SIKLUS PENDAPATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERNAL PADA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO DI SURABAYA

  • Agnes Sutinah Universitas Surabaya
  • Stevanus Hadi Darmadji Universitas Surabaya

Abstract

Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan, terkait dengan bidang keuangan adalah menyusun laporan keuangan tepat waktu, transparan dan akuntabel sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hal ini membawa konsekuensi akan kebutuhan sistem akuntansi yang handal bagi pengelolaan keuangan sekolah tinggi. Sistem akuntansi menjadi kebutuhan bagi sekolah tinggi untuk memudahkan pengelolaan keuangan. “Accounting system is the medhods and procedures for collecting, classifying, summarizing and reporting a bussiness’s financial and operating information” (Reeve James at all, 2012, hal 230). Aktivitas siklus pendapatan yang terdapat pada STIKES dimulai dari penerimaan kas dari pembayaran uang pendidikan mahasiswa melalui manual prosedure akuntansi dilakukan tahap pencatatan, tahap pengikhtisaran dan tahap pelaporan. Perancangan sistem akuntansi siklus pendapatan pada STIKES dengan metode pengembangan sistem akuntansi melalui tahap system analisis, system design dan system implemention (Mulyadi, 2001). Pengendalian internal merupakan hal yang mendasar dalam sistem akuntansi guna melindungi aset perusahaan dari kesalahan atau penyalahgunaan, untuk menyakinkan bahwa informasi yang disajikan dapat diandalkan dan akurat, memperbaiki sistem pencatatan akuntansi.

Published
2013-03-01
How to Cite
SUTINAH, Agnes; DARMADJI, Stevanus Hadi. PERANCANGAN SISTEM AKUNTANSI SIKLUS PENDAPATAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGENDALIAN INTERNAL PADA SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN KATOLIK ST. VINCENTIUS A PAULO DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 14, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/116>. Date accessed: 26 july 2017.