PENGARUH POLITICAL CONNECTION PADA DEWAN KOMISARIS DAN DEWAN DIREKSI TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN SEKTOR PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE TAHUN 2010-2014

  • Laela Wulandari Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 1080 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 3936 times
Keywords: Financial performance, Political connection, Size, Leverage

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh political connection pada dewan komisaris dan dewan direksi terhadap kinerja perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2014. Jumlah observasi dalam penelitian ini adalah 61 observasi. Untuk mengetahui hubungan yang terjadi di antara variabel independen (political connection pada dewan komisaris dan political connection pada dewan direksi) terhadap kinerja perusahaan yang diukur dengan Return On Assets. Variabel kontrol yang digunakan dalam penelitian ini untuk pengukuran political connection adalah size dan leverage. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantatif dengan model analisis regresi linier berganda. Penelitian ini menunjukkan bahwa political connection pada dewan komisaris berpengaruh negatif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Political Connection pada dewan direksi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan. Untuk variabel kontrol, hanya size berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja perusahaan. Sementara leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja perusahaan sektor  pertambangan di Bursa Efek Indonesia selama periode 2010-2014.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amore, M. D., Bennedsen, M., 2013, The Value of local political connections in a low corruption environment, Journal of Financial Economis, Vol. 110, pp. 387-402.

Arifin, Zaenal, 2005, Teori Keuangan dan Pasar Modal, Edisi Pertama, Ekonimia, Yogyakarta.

Anshori, Musclich, dan Sri Iswati, 2009, Buku Ajar Metodologi Penelitian Kuantitaif, Surabaya, Airlangga University Press.

Barnhart, Scott W. dan Stuart Rosenstein, 1998, Board Composition, managerial ownership, and firm perfomance: An empirical analysis, The Financial Review, Vol. 33, pp. 1-16.

Bouaziz, Zied dan Modamed Triki, 2012, The Impact of The Board of Directors on the Financial Perfomance of Tunisian Companies, Universal Journal of Marketing and Business Research, Vol. 1, No. 2,
p. 56-71.

Brealey, Myers, dan Marcus, 2008, Dasar-Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan, Erlangga, Jakarta.

Brigham, Eugene F. dan Ehrhardt, Michael C, 2005, Financial Management: Theory and Practice, 11th edition, Thomson South-Western.

Brigham, Eugene F. dan Houston, Joel F., 2001, Manajemen Keuangan, Edisi Kedelapan, Jakarta: Erlangga.

Brigham, Eugene F. dan Joel F. Houston, 2006. Dasar-Dasar Manajemen Keuangan, Edisi 11, Penerjemah Ali Akbar Yulianto, Salemba Empat, Jakarta.

Chaney, P., et. al., 2011, The Quality of Accounting Information In Politically Connected Firms, Journal of Accounting and Economics, Vol.51, No. 1-2, p. 58-76.

Choi, Myung Sub, 2014, The Value of Politicall Connections: Evidence from Korean Chaebols, Bachelor of Business in Finance, Queensland University of Technology.
Published
2018-03-01