ANALISIS PERILAKU UD. HARAPAN JAYA DAN PEMASOKNYA DALAM KOOPERASI MENCAPAI KINERJA SISTEM PEMBELIAN JUST IN TIME (JIT)

  • Silvia Yoenita Hartono Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Studi ini bertujuan untuk menganalisis tentang perilaku yang terjadi antara UKM dan pemasoknya dalam hubungan kooperasi untuk mencapai kinerja pembelian yang Just In Time (JIT). UKM yang menjadi obyek penelitian ini khusus pada jenis usaha dagang. UKM perlu membina hubungan yang kooperatif dengan pemasok untuk menyediakan bahan baku secara kontinyu, tepat, dan cepat. Dalam hubungan kooperasi terdapat peran perilaku yang menentukan kualitas hubungan tersebut. Perilaku tersebut meliputi saling ketergantungan, kepercayaan dan keselarasan tujuan.  Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara obyek studi secara langsung di lapangan (data primer). Penelitian dilakukan pada setting aktivitas kerja sehari-hari secara alami, dengan tidak mengubah desain dan lingkungan asal dengan intervensi minim. Untuk pemahaman mendalam dan aktual, data dibatasi hanya berfokus pada satu periode waktu saja yaitu tahun 2013.  Untuk mendapatkan laba yang besar, UKM perlu meminimalisir biaya yang tidak perlu dalam kegiatan operasinya. Meminimalisir biaya yang seharusnya tidak dikeluarkan dalam ilmu ekonomi ekonomi dikenal dengan konsep “Just In Time” (JIT). Penulis memilih UD. HARAPAN JAYA sebagai obyek penelitian. Sistem JIT akan tercapai apabila ada hubungan baik antara UKM dengan pemasok seperti halnya UD. HARAPAN JAYA dengan pemasoknya.  Hubungan baik ini tercermin dari perilaku saling ketergantungan, kepercayaan dan keselarasan tujuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aldrich, H. 1976. An Interorganizational Dependency Resource Dependence and Interorganizational Relations : Local Employment Service of Faces and Social Service Sector Organizations. Administrative and Society Vol. 7 No. 4

Ansari, A. 1984. An Empirical Examination of the Implementation of JIT Purchasing Practices and Its Impact on Product Quality and Productivity in U.S. Firms. University of Nebraska. Unpublished Dissertation

Bariff, L. and J. Galraith. 1978. Intraorganizational Power Considerations for Designing Information Systems. Accounting, Organization and Society

Carr, Lawrence P. Christopher D. Ittner. 1992. Measuring the Cost of Ownership. Cost Management Journal

Davis, Keith A. & Newstrom, John W. 2002. Organizational Behavior: Human Behavior at Work with PowerWeb 11 Ed. USA : McGraw-Hill

Deutsch, M. 1973. The Handbook of Conflict Resolution. Yale University Press

Efferin, Sujoko., Stevanus Hadi Darmadji, & Yuliawati Tan. 2008. Metode Penelitian Akuntansi Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Etgar M. 1976. Effects of Administrative Control on Efficiency of Vertical Marketing Systems. Journal of Marketing Research Vol. XIII

Fillani. 2011. Pelaku-Pelaku Ekonomi,(online), http://fillani-wwwgunadarmaacid.blogspot.com/2011/05/bab10-pelaku-pelaku-ekonomi.html, diakses tanggal 28 Oktober 2013)

Fisher, J. 1992. Use of Nonfinancial Perfomance Measures. Spring : Journal of Cost Management

Forsyth, W. 1990. Group Dynamics. Thompson, Allyn & Bacon

Foster, G. & C.T. Hongren. 1988. Cost Accounting and Cost Management in a JIT Environment. Winter. Journal of Cost Management

Frazier, G. 1983. Interorganizational Exchange Behavior in Marketing Channels : A Broadened Perspective. Journal of Marketing

Green, F.B., Felix Amenkhienan and George Johnson. 1991. Performance Measures and JIT; US Companies Are Revamping Traditional Cost Systems. Management Accounting Journal

Hahn, C.K., P.A. Pinto, D.J. Bragg. 1993. Just-In-Time Production And Purchasing, Journal of Purchasing and Materials Management 19 2-10

Hansen, Don R. & Mowen, Maryanne M. 2005. Management Accounting Akuntansi Manajemen Buku 2 Edisi 7. Jakarta : Salemba Empat.

Hartley, J.R. 1981. Automotive Industries. The World’s Greatest Production Line: The Japanese View

Hay, E. 1988. The Just In Time Breakthrough. Wiley.

Hodge, E.K. and W. Anthony. 1988. Interorganizational Resource Exchange Network. Administrative Science Quartely

Hunt, S.N. Ray, and V. Wood. 1985. Review and Synthensis Journal of Academy of Marketing Science. Behavioral Dimensions of Channels of Distribution

Kotler, Philip and Gary Armstrong. 1991. Principles of Marketing. Prentice Hall

Kuncoro, M. 2002. Analisis Spasial dan Regional: Studi Anglomerasi dan Kluster Industri Indonesia. Yogyakarta : UUP AMP YKPN

Lewicki Roy J., Barry. B., & Saunders David M. 2012. Negosiasi Negotiation. Jakarta : Salemba Humanika

Molnar, J. 1978. Comparative Organizational Properties and Interorganizational Interdependence. Sociology and Social Research

Monden, Y. 1981. Adaptable Kanban System Helps Toyota Maintain Just-In-Time Production. Industrial Engineering

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2013 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah

Pfeffer J. & Nowak P. 1976. Joint Ventures and Interorganizational Interdependence. Administrative Science Quarterly

Porter, Michael E. 1985. Competitive Advantage. New York Free Press

Prakarsa, Wahyudi. 1995. Dampak Perubahan Lingkungan Usaha Terhadap Paradigma Organisasi dan Manajemen, makalah seminar dalam Program Magister Manajemen, Jakarta : Universitas Indonesia
Published
2014-09-01
How to Cite
HARTONO, Silvia Yoenita. ANALISIS PERILAKU UD. HARAPAN JAYA DAN PEMASOKNYA DALAM KOOPERASI MENCAPAI KINERJA SISTEM PEMBELIAN JUST IN TIME (JIT). CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 17, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1351>. Date accessed: 18 nov. 2018.