GO WITH THE FLOW : DUKUNGAN SOSIAL DAN FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA

  • Robin Ignatius Chandra Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan indikator untuk mengevaluasi, memberikan gambaran dan memberikan dorongan kepada mahasiswa ketika berproses selama studi dengan melihat hasil hubungan antara dukungan sosial teman dan flow akademik, yang ditinjau menggunakan TMT (Temporal Motivation Theory). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2009 dan 2010 (N= 131) yang sedang mengambil mata kuliah PAU. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan (+) antara dukungan sosial dan flow akademik (r= .254; p= .02 ). Aspek enjoyment dari flow akademik memiliki korelasi yang memadai dengan dukungan sosial teman. Artinya, seorang mahasiswa yang mendapat dukungan sosial maka dia akan merasa nyaman, namun belum tentu mahasiswa tersebut dapat berkonsentrasi dan muncul motivasi intrinsik untuk mengikuti ataupun mengerjakan tugas dan kegiatan akademiknya. Hasil korelasi dengan TMT didapati bahwa dukungan sosial teman dan tiap aspek flow akademik berkorelasi secara positif dengan aspek expectancy. TMT dapat dijadikan teori yang dapat menjelaskan munculnya kondisi flow akademik karena adanya dukungan sosial teman melalui aspek expectancy.

Published
2013-03-01
How to Cite
CHANDRA, Robin Ignatius. GO WITH THE FLOW : DUKUNGAN SOSIAL DAN FLOW AKADEMIK PADA MAHASISWA. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 19, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/148>. Date accessed: 21 sep. 2017.