APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT UNTUK TUNA WICARA DENGAN STANDAR AMERICAN SIGN LANGUAGE

  • Hanny Novitasari Sutanto Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Bahasa isyarat merupakan salah satu bentuk bahasa yang bisa dipelajari yang mengutamakan komunikasi dengan bahasa tubuh, ekspresi muka, dan beberapa sinyal tidak manual bukan suara. Bahasa isyarat ini banyak digunakan oleh kaum tuna wicara dan tuna rungu. Namun masih kurang lembaga yang mengajarkan bahasa isyarat, buku tentang bahasa isyarat, dan suatu alat untuk pembalajaran bahasa isyarat. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu aplikasi pembelajaran bahasa isyarat untuk dapat membantu pengguna agar bisa mempelajari bahasa isyarat dengan mudah. Standar bahasa isyarat yang digunakan adalah American sign Language (ASL). Standar ini digunakan karena standar ini masih banyak dipakai pada berbagai negara seperti Amerika Serikat, Kanada, Amerika Utara, Afrika Barat, dan Asia Tenggara sehingga bagi tuna wicara bahasa isyarat dapat menjadi sebagai bahasa yang dikenal dalam kalangan mereka sehingga dapat berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi berupa website agar mudah diakses oleh segala kalangan di mana aplikasi ini juga dilengkapi dengan kamus sehingga pengguna tidak perlu menggunakan kamus manual yang memakan banyak waktu untuk mencari kata dan latihan yang dapat membantu meningkatkan kemampuan pengguna untuk berbahasa isyarat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

CSS Menu Maker. (2013). CSS Menu Maker. http://cssmenumaker.com/. (Diakses pada tanggal 15 November 2013).

Hurlock, Elizabeth B. 1978. Child Development.

PT. Telkom Indonesia. (2010). I-Chat I Can Hear And Talk. http://app.i-chat.web.id/. (Diakses pada tanggal 10 Juli 2013).

Six Revisions. (2013). A Look into Color Theory in Web Design. http://sixrevisions.com/web_design/a-look-into-color-theory-in-web-design/. (Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013).

Squidoo. (2013). Color: Meaning, Symbolism and Psychology. http://arts-humanities.squidoo.com/colorexpert. (Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013).

Stewart, David A. 2003. American Sign Language The Easy Way.

Tennant, Richard A. 1999. The American Sign Language Handshape Dictionary.

The jQuery Foundation. (2013). jQuery User Interface. http://jqueryui.com/. (Diakses pada tanggal 15 November 2013).

Vicars, William. (1997). ASL University. http://www.lifeprint.com. (Diakses pada tanggal 10 Juli 2013).

Wikipedia. (2013). Typeface. http://en.wikipedia.org/wiki/Typeface. (Diakses pada tanggal 20 Oktober 2013).
Published
2014-03-01
How to Cite
SUTANTO, Hanny Novitasari. APLIKASI PEMBELAJARAN BAHASA ISYARAT UNTUK TUNA WICARA DENGAN STANDAR AMERICAN SIGN LANGUAGE. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 1, p. Hal. 1 - 7, mar. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1653>. Date accessed: 22 may 2019.