PERBAIKAN KUALITAS PROSES PRODUKSI DENGAN METODE SIX SIGMA DI PT. CATUR PILAR SEJAHTERA, SIDOARJO
Abstract
PT. Catur Pilar Sejahtera atau yang biasa dikenal dengan nama PT. CPS merupakan perusahaan yang memproduksi tas berbahan dasar polyprophylene atau spunbond. Fokus perbaikan yang dituju pada penelitian ini adalah mereduksi cacat yang terjadi selama proses pemotongan sampai dengan proses penyablonan guna mencapai kepuasan konsumen. Perbaikan dilakukan dengan menggunakan metode DMAIC (Define, Measure, Analyze, Improve, Control) dalam six sigma. Jenis cacat yang ada pada proses produksi di PT. CPS adalah cacat ukuran, cacat lubang, cacat warna, cacat kotor dan cacat terbalik. Nilai sigma dari proses awal yaitu, proses pemotongan memiliki nilai sigma sebesar 4.9 dan proses penyablonan memiliki sigma sebesar 3.9. Sedangkan biaya kualitas awal di PT. CPS sebesar Rp 216.847,176 / 8 hari. Analisis dan tindakan perbaikan dilakukan untuk semua penyebab cacat yang ada pada FMEA dan pada tahapan improve, perhitungan waktu dan output standar dilakukan untuk proses penyablonan. Perhitungan waktu dan output standar dilakukan untuk mengetahui kapasitas kerja setiap operator sablon dalam 1 hari kerja. Waktu standar pada proses penyablonan adalah 13.472 detik/unit dan output standar sebesar 2144 unit/8 jam kerja atau 2144 unit/hari. Implementasi perbaikan menyebabkan nilai sigma pada departemen pemotongan meningkat dari 4.9 menjadi 5.2 dan pada departemen penyablonan dari 3.9 menjadi 4.5. Biaya kualitas akhir di PT. CPS sebesar Rp 489.147,176 / 8 hari. Biaya kualitas meningkat karena terdapat biaya pencegahan senilai Rp 375.000 untuk pengadaan lampu gantung dan lampu pada meja penyablonan.
Downloads
References
Doty, L.A. (1989), Work Methods and Measurement for Management, New York: Delmar Publishers Inc.
Evans, James R. And Lindsay, William M. (2007). Pengantar Six Sigma, Salemba Empat. Jakarta.
Gasperz, Vinvent. (1998). Statistical Process Control : Penerapan Teknik-Teknik Statistikal dalam Manajemen Bisnis Total. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Gasperz, Vincent. (2006). Total Quality Management (TQM) untuk Praktisi Bisnis dan Industri. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Pande, Pete., Holpp, Larry & Prabantini, Dwi. 2003. Berpikir Cepat Six Sigma. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Pande, Peter S., Robert P. Neuman & Roland R. Cavanagh (2003), The Six Sigma Way; Bagaimana GE, Motorola dan Perusahaan terkenal lainnya mengasah kinerja mereka, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Sutalaksana, I. Z.,& Anggarawisastra, R., & Tjakraatmadja, J. H. (1979), Teknik Tata Cara Kerja, Bandung: Penerbit ITB.
Yamit, Zulian. 2005. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.
Yanto, (2012), Ergonomi Teknik Tata Cara Kerja, Jakarta: Penerbit Cinta Ilmu.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.