EFEKTIFITAS DAN EFEK SAMPING PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI PADA PASIEN HIPERTENSI DI PUSKESMAS KALIRUNGKUT SURABAYA

  • Putri Kristanti Fakultas Farmasi Universitas Surabaya
Abstract Views: 10092 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 19909 times
Keywords: Hipertensi, Efektivitas, Efek samping, Hidroklorotiazid (HCT), Kaptopril, Amlodipin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas dari masing-masing obat antihipertensi yang digunakan, adanya perbedaan tekanan darah antara ketiga obat antihipertensi tersebut, dan ada atau tidaknya efek samping yang terkait dengan penggunaan ketiga obat antihipertensi tersebut. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan desain penelitian kohort prospektif yang dilakukan pada 33 responden dengan mengukur tekanan darah pada hari ke-1 bertemu di puskesmas, pengukuran kembali dilakukan pada hari-ke10 dan hari ke-30 untuk menilai efektivitas dan efek sampingnya. Data dianalisis melalui uji Wilcoxon dan uji Kruskall-Wallis yang dilanjutkan dengan uji Mann-Whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada penggunaan HCT hanya 1 orang yang mencapai target terapi, sedangkan pada 11 orang tidak mencapai target terapi. Pada Kaptopril sebanyak 10 orang mencapai target terapi, dan hanya 1 orang tidak mencapai target. Dan pada Amlodipin semua pasien berjumlah 11 orang berhasil mencapai target terapi. Hasil uji perbedaan menunjukkan bahwa HCT tidak signifikan dengan Kaptopril dan Amlodipin, akan tetapi Kaptopril signifikan dengan Amlodipin. Presentase kejadian efek samping akibat penggunaan obat pada HCT sebesar 0%, pada Kaptopril sebesar 36% dan pada Amlodipin sebesar 45%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arief Mansjoer,dkk.2001.Kapita Selekta Kedokteran Jilid I: Nefrologi dan Hipertensi.Jakarta: Media Aesculapius FKUI hal 519-520.

Aries Sugiarto.2011.Faktor-Faktor Risiko Hipertensi Grade II pada Masyarakat hal 29-50 & 90-126. Jakarta: Gramedia

Bare, B.G & Smeltzer,S.C.2001.Buku ajar keperawatan medical bedah brunner & suddarth. (terjemahan H.Y. Kuncara);Editor: Endah Pakaryaningsih & Monica Ester.Jakarta:EGC.

Barandiro,Mary.2008.Klien Gangguan Kardiovaskuler:Seri Asuhan Keperawatan.Jakarta:EGC.

Bramius Mikail dan Asep Candra.2011.Cara Mudah Turunkan Tekanan Darah.http://health.kompas.com

Beth Gormer. Farmakologi Hipertensi. Jakarta: EGC

Black, J.M & Hawks, J.H.2005.Medical surgical nursing: clinical management for positive outcomes. 7 Edition.Sy. Louis: Elsevier Saunders.

Bonow, R.o., Linny,P., Mann, D.L & Ziper, D.P.20080 Braunwald’s hearth diasease. USA: Saunders Elsevier.

Burns, Nancy & Grove, S.K.2001.The practice of nursing research:conduct, critique & utilization.4 Edition.Philadelphia: Saunders.

Braverman, E.R & Braverman, D.2004.Penyakit jantung dan peyembuhannya secara alami. Jakarta: PT. Bhuana Ilmu Komputer.

Davis. 2004. Joint National Committee. The Seventh Report Of the Joint National Committee on: Prevention, Detection, Evaluation and Treatment of High blood Pressure. USA: Departement Of Health and Human Service.

DEPKES RI.2006. PedomanTeknik Penemuan Dan Tatalaksana Penyakit Hipertensi.Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular.Jakarta:Ditjen PP dan PL.

Ikawati,Z., Jumiani,S. dan Putu,I.D.P.S. 2008.Kajian Keamanan Obat antihipertensi di Poliklinik Usia Lanjut RS. Dr. Sardjito. Jurnal Farmasi Indonesia vol 4 no 1:30-40.

Pradana Tedjasukmana (Departemen kardiologi RS Premier Jatinegara dan RS Graha Kedoya, Jakarta, Inonesia). Tata Laksana Hipertensiwww.kalbemed.com pada tanggal 8 September 2014.

Prasetyo,S.D, dan Chrissandyani,D.2009.Gambaran Efek Samping Obat Antihipertensi Pada Pasien Hipertensi di RS PKU Yogyakarta.(online)
Published
2015-09-01