HUBUNGAN ANTARA TINGKAT EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT DENGAN TIMELINESS LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011

  • Jeffry Winarto Yaputro Universitas Surabaya
  • Felizia Arni Rudiawarni Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai hubungan antara efektivitas Komite Audit dan timeliness dari suatu laporan keuangan. Timeliness laporan keuangan diproksikan dengan Financial Reporting Lead Time (FRLT) yaitu jumlah hari antara akhir tahun akuntansi badan usaha sampai laporan keuangan tersebut dikumpulkan ke Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, populasi yang digunakan adalah seluruh badan usaha untuk semua sektor yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011 dan menerbitkan laporan keuangan yang telah diaudit oleh auditor independen, kecuali kecuali sektor perbankan dan keuangan. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 228 perusahaan selama tahun penelitian. Variabel independen yang digunakan adalah efektivitas Komite Audit yang merupakan dummy variable yang menunjukkan tingkat independensi, expertise, tanggung jawab dan diligence dari anggota Komite Audit tersebut. Variabel dependen yang digunakan adalah Financial Reporting Lead Time (FRLT) sebagai proxy dari timeliness laporan keuangan. Penelitian ini menemukan bahwa hipotesis mengenai efektivitas Komite Audit diterima karena terdapat hubungan negatif yang signifikan antara tingkat efektivitas Komite Audit dengan Financial Reporting Lead Time. Kesimpulan yang didapat adalah semakin efektif peran dari Komite Audit maka waktu tunda penyampaian laporan keuangan menjadi semakin singkat.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2012-09-02
How to Cite
YAPUTRO, Jeffry Winarto; RUDIAWARNI, Felizia Arni. HUBUNGAN ANTARA TINGKAT EFEKTIVITAS KOMITE AUDIT DENGAN TIMELINESS LAPORAN KEUANGAN PADA BADAN USAHA GO PUBLIC YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2011. CALYPTRA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. Hal. 1 - 16, sep. 2012. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/27>. Date accessed: 19 apr. 2019.