STUDI DESKRIPTIF SERVICESCAPES PADA COMEDY KOPI DI GRAND CITY MALL SURABAYA MENURUT PERSEPSI KONSUMEN

  • Bonifasius Angkawijaya Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Siti Rahayu Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Fitri Novika Widjaja Manajemen / Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Globalisasi telah membuat perubahan signifikan dalam kebudayaan manusia yang terlihat dari gaya hidup masyarakat yang menjadi serba santai, instan, dan canggih, yang salah satunya juga tampak dari perubahan pola hidup masyarakat yang lebih sering menghabiskan waktu untuk makan di luar rumah. Dimana perubahan pola hidup tersebut juga menyebabkan jumlah industri restoran semakin meningkat sehingga persaingan menjadi semakin ketat. Cita rasa dan harga saat ini juga bukan lagi menjadi penentu utama dari suksesnya usaha restoran, sehingga dibutuhkan diferensiasi agar tetap bertahan dalam persaingan. Salah satu diferensiasi yang mempunyai pengaruh cukup besar pada konsumen saat ini adalah servicescapes yang dimiliki oleh sebuah restoran. Comedy Kopi adalah salah satu jenis restoran berbentuk kafe yang menggunakan konsep servicescapes dengan tema komedi atau humor sebagai diferensiasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan servicescapes pada Comedy Kopi menurut persepsi konsumen. Servicescapes diukur melalui ambient conditions, spatial layout and functionality, serta signs, symbols, and artifacts. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Pengolahan data menggunakan Mean, Standar Deviasi, dan Koefisien Varian. Dimana hasil penelitian mengungkapkan bahwa servicescapes pada Comedy Kopi mendapatkan penilaian yang baik, dengan demikian hasil penelitian mendukung konsep teori tentang servicescapes.

References

Cockrill, Mark and Daniel. (2008), Servicescape Matters- or does it? The Special Case of Betting Shops, Marketing Intelligence and Planning Vol. 26 No. 2, Emerald Group Publishing Limited.


Kotler, P., 2003, Marketing Management : International Edition, Eleventh Edition, Pearson Education Inc, Prentice Hall, Northwestern university, New Jersey.


Kotler, Philip and Armstrong, Gary (2003), Dasar-dasar Pemasaran, Edisi ke sembilan, Jakarta, PT. Indeks.


Lovelock, C., Wirtz J., Keh H.T., dan Lu X., 2005, Services Marketing In Asia, Second Edition, Prentice Hall.


Schiffman, Leon G., Kanuk L.L., 2007, Consumer Behavior, Ninth Edition, Pearson Prentice Hall.


Zeithaml, Valerie A., Bitner M.J., Gremler Dwayne D., 2009, Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm, Fifth Edition, McGraw Hill International.

http://eprints.undip.ac.id/28650/1/Skripsi12.pdf (diunduh 26 Februari 2013)


www.library.upnvj.ac.id/pdf/2s1manajemen/206111076/bab1.pdf (diunduh 26 Februari 2013)


http://beta.wap.vivanews.com/news/read/46324orang_indonesia_makan_di_luar_3_kali_sepekan (diunduh 26 Februari 2013)


http://beta.wap.vivanews.com/news/read/42114krisis__masyarakat_pilih_belanja_makanan (diunduh 26 Februari 2013)


http://kulinologi.biz/index1.php?view&id=241 (diunduh 26 Februari 2013)


http://caricara.com/2009/04/masyarakat-indonesia-lebih-mementingkankebutuhan-makanan/ (diunduh 26 Februari 2013)


http://www.kabarbisnis.com/read/2820403 (diunduh 26 Februari 2013)


http://www.kabarbisnis.com/read/2814963 (diunduh 26 Februari 2013)


http://www.kabarbisnis.com/read/2820403 (diunduh 26 Februari 2013)


http://www.centroone.com/news/2012/09/4r/pengusaha-kafe-jatim-giat-ekspansi/(diunduh 26 Februari 2013)


http://www.surabayapost.co.id/?mnu=berita&act=view&id=8e08998cb1abb518c122352edea68ea6&jenis=e4da3b7fbbce2345d7772b0674a318d5 (diunduh 27 Februari 2013)


http://eprints.undip.ac.id/28650/1/Skripsi12.pdf (diunduh 27 Februari 2013)


www.repository.ipb.ac.id (diunduh 27 Februari 2013)


www.SurabayaPagi.com (diunduh 27 Februari 2013)


http://blog-anekaria.blogspot.com/2011/12/uniknya-kafe-comedy-kopi-bisabayar.html (diunduh 3 Maret 2013)


http://surabaya.tribunnews.com/2012/05/06/kaferan-penuhcanda#sthash.sB9pJbk5.dpbs (diunduh 3 Maret 2013)


http://surabaya.tribunnews.com/2012/05/06/kaferan-penuhcanda#sthash.sB9pJbk5.dpbs (diunduh 3 Maret 2013)

http://en.wikipedia.org/wiki/Restaurant (diunduh 4 Maret 2013)
Published
2013-03-01
How to Cite
ANGKAWIJAYA, Bonifasius; RAHAYU, Siti; WIDJAJA, Fitri Novika. STUDI DESKRIPTIF SERVICESCAPES PADA COMEDY KOPI DI GRAND CITY MALL SURABAYA MENURUT PERSEPSI KONSUMEN. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 14, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/377>. Date accessed: 23 sep. 2017.