PERANCANGAN SARANA PERMAINAN EDUKATIF DISIPLIN BERLALU LINTAS BAGI ANAK‐ANAK USIA 4‐6 TAHUN

  • Maria Stefani Santoso Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 554 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 530 times
Keywords: anak usia TK, kecelakaan, lalu lintas, permainan edukatif

Abstract

Pribadi yang disiplin tidak dapat dibentuk secara instan, demikian juga dalam membentuk kedisiplinan berlalu lintas. Pendidikan berlalu lintas bagi anak-anak usia TK merupakan salah satu cara pencegahan kecelakaan lalu lintas yang dapat ditanamkan sejak dini. Jumlah kecelakaan lalu lintas meningkat dari tahun ke tahun. Faktor pengguna jalan mendominasi penyebab kecelakaan lalu lintas ini, seperti tidak disiplin dalam menaati rambu lalu lintas dan kurangnya pengetahuan pengguna jalan akan rambu-rambu tersebut. Dari hasil pengolahan data dengan menggunakan metode kualitatif, maka diperoleh bahwa anak usia TK gemar mengamati lingkungan sekitar mereka dan meniru perilaku orang dewasa. Anak-anak di usia ini juga lebih mudah memahami dan menangkap informasi melalui sebuah permainan yang melibatkan pengalaman pribadi mereka. Melihat hal ini, penulis merancang sebuah sarana pembelajaran untuk mengenalkan lalu lintas dalam sebuah permainan. Proses desain diawali dengan pengumpulan data dan informasi dengan cara melihat kebutuhan dan mengamati karakteristik anak usia 4-6 tahun, focus group discussion dan in-depth interview dengan orang tua, guru serta desainer mainan anak, guna menentukan aspek-aspek desain yang akan dijadikan pedoman dalam proses mendesain sebuah produk. Penulis membuat alternatif desain awal sebelum akhirnya didapatkan satu final design terpilih untuk pembuatan prototype.Hasil akhir penelitian yang dilakukan adalah sarana permainan edukatif yang terfokus pada anak-anak usia 4-6 tahun, yang dapat dimainkan secara berkelompok minimal 3 orang dengan pendampingan 1 orang dewasa. Dengan adanya sarana ini, anak-anak usia 4-6 tahun dapat mengenal lalu lintas dengan cara menyenangkan sehingga anak-anak cepat mengerti arti rambu-rambu yang ada dalam sebuah permainan. Diharapkan nantinya, anak bisa mengenal peraturan lalu lintas dan menumbuhkan sikap berdisplin, sehingga angka kecelakaan lalu lintas dapat menurun.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badru Zaman, dkk; Media dan Sumber Belajar TK; Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka; 2007

Direktorat Jenderal Bina Marga; Produk Standar untuk Jalan Perkotaan; Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Marga; 1987

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat; Tata Cara Penomoran Rute Jalan; Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat; 2008

Heinich,dkk; Instructional Media and Technologies for Learning; Merrill Prentice Hall; Seventh Edition; 2002

Kasali,Rhenald; Membidik Pasar Indonesia : Segmentasi,Targeting,Positioning; Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama; 1998

Masitoh dkk. Strategi Pembelajaran TK; Jakarta: 2005.

Palgunadi, Bram. Disain Produk 2 : Analisis dan Konsep Disain; Bandung : ITB; First Edition; 2008

Palgunadi, Bram. Disain Produk 3 : Aspek-Aspek Disain; Bandung : ITB; First Edition; 2008

Palgunadi, Bram. Disain Produk 4 : Membuat Rencana; Bandung : ITB; First Edition; 2008

P, Julius dan Martin Zelnik; Human Dimention & Interior Space ; Erlangga; PT. Gelora Aksara Pratama; 1979

S. Darmaprawira,Warna : Teori dan Kreativitas Penggunanya, Bandung : ITB; 2002

Siti Aisyah dkk. Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini; Jakarta: Universitas Terbuka; 2007

Sujiono, Yuliani Nurani. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. Indeks; 2009

Tilley, Alvin R; The Measure of Man and Woman: Human Factors In Design; John Willey & Sons INC; 1993

UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; Jakarta: Visimedia
Published
2013-09-20