ANALISIS EFEKTIVITAS DAN EFISIENSI SUPPLY CHAIN INVENTORY MANAGEMENT (SCIM) PADA BADAN USAHA XYZ DI SURABAYA

  • Melina Kurniawan Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
  • Dianne Frisko Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 732 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 699 times
Keywords: Supply Chain Inventory Management (SCIM), minimalisasi biaya persediaan, kelancaran aliran persediaan, kepuasan pelanggan

Abstract

Supply chain inventory management (SCIM) adalah sebuah pendekatan pengelolaan persediaan yang terintegrasi pada seluruh tahapan supply chain, dari sumber pemasok hingga ke pengguna akhir. Penerapan SCIM dapat membantu memperkirakan demand yang tepat untuk kemudian memperhitungkan jumlah bahan baku yang diperlukan dan harus disupply dari supplier untuk memproduksi demand tersebut. Badan usaha XYZ di Surabaya yang bergerak di bidang manufaktur mengalami beberapa permasalahan pengelolaan persediaan terkait koordinasi dan integrasi aktivitas dalam supply chainnya. Pengumpulan data terkait permasalahan SCIM badan usaha ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan analisa dokumen. Permasalahan SCIM pada badan usaha XYZ meliputi permasalahan pada proses inbound, produksi, dan outbound dapat diatasi dengan penerapan SCIM dengan penekanan pada koordinasi dan kerja sama yang baik di antara semua pihak terkait bisnis. Sehingga dengan penerapan SCIM yang efektif dan efisien, dapat terjadi minimalisasi biaya persediaan, kelancaran aliran persediaan dan proses produksi, serta pemenuhan permintaan pelanggan secara tepat pada badan usaha XYZ di Surabaya

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anderson, A. 2013.The Impact of Inventory Management on Customer Satisfaction. (http://smallbusiness.chron.com/impact-inventory-management-customer-satisfaction-22798.html diakses pada 31 Mei 2013)

Bozarth, C.C., & Hanfield, R.B. 2008.Introduction to Operations and Supply Chain Management. USA: Prentice Hall.

Chopra, S., & Meindl, P. 2007. Supply Chain Management: Strategy, Planning and Operation third edition. USA: Prentice Hall.
Coyle, C. J. et al. 2008. Supply Chain Management: A Logistics Perspective 8th Ed. USA: Cengage Learning publishers.

Frankel, R., 2006. The Role and Relevance of Refocused Inventory: Supply Chain Management Solutions. Businesss Horizons, 275-286.

Giannoccaro, I., & Pontrandolfo, P. 2002. Inventory Management in Supply Chains: A Reinforcement Learning Approach. International Journal of Production Economics, 153-161.

Giannoccaro, I., Pontrandolfo, P., & Scozzi, B. 2003.A Fuzzy Echelon Approach for Inventory Management in Supply Chains. European Journal of Operational Research, 185-196.

Hansen, Don. R., & Mowen, M. M. 2007.Management Accounting 8th Edition. USA: South-Western-Thomson Learning.

Hongren, C. T., Datar, S. M., Rajan M. V. 2012. Cost Accounting: A Managerial Emphasis 14th Edition. USA: Pearson Education.

Romney, B. M., & Paul, J. S. 2009. Accounting Information Systems: International Edition 11th Edition. USA: Pearson Education

Sudarmadi. 2007. Cerdas dan Tegas Mengelola Biaya. (http://swa.co.id/listed-articles/cerdas-dan-tegas-mengelola-biaya diakses pada 25 Mei 2013 dan 31 Mei 2013)

Ryu, K., Moon, I., & Oh, S. 2013. A Fractal Echelon Approach for Inventory Management in Supply Chain Network. International Journal Production Economics, 313-326.

Venkatasrny, V., 2008. Role of Inventory Management in Supply Chains. (http://www.apicsterragrande.org/competitions/competitions/2008_01_roleInv.pdf diakses pada 25 Mei 2013)

Zokaei, A. K., Simons, D. W. 2006. Value Chain Analysis in Consumer Focus Improvement: A Case Study of The UK Red Meat Industry. The International Journal of Logistics Management.141-162.
Published
2014-03-01