PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP FLASH SALE BELANJA ONLINE DAN PENGARUHNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN

  • Sadana Devica Politeknik Ubaya
Abstract Views: 3114 times
PDF Downloads: 2187 times
Keywords: promosi, flash sale, e-commerce

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi konsumen terhadap program promosi dalam bentuk flash sale dan bagaimana pengaruhnya tehadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada 145 orang responden, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan confirmatory factor analysi (CFA) dan analisis regresi. Terdapat tujuh indikator persepsi konsumen yang diteliti, meliputi flash sale belanja online merupakan kesepakatan harga yang sangat menguntungkan konsumen, flash sale belanja online benar-benar menawarkan harga produk yang murah, produk yang ditawarkan pada saat flash sale belanja online tetap lebih murah meskipun di toko/ritel juga menawarkan promosi harga diskon, produk yang ditawarkan pada saat flash sale belanja online merupakan produk yang berkualitas, produk yang ditawarkan pada saat flash sale belanja online sangat beragam (bervariasi), berbelanja secara online pada saat flash sale sangat aman (dari aspek keaslian produk, metode pembayaran dan proses pengiriman), dan berbelanja secara online pada saat flash sale sangat mudah dan praktis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa persepsi konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Bahkan terkadang konsumen juga melakukan pembelian tanpa perencanaan terlebih dahulu (impulse buying) ketika mereka mengetahui terdapat promo flash sale.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-06-26
How to Cite
Devica, S. (2020). PERSEPSI KONSUMEN TERHADAP FLASH SALE BELANJA ONLINE DAN PENGARUHNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Bisnis Terapan, 4(1), 47-56. https://doi.org/10.24123/jbt.v4i1.2276