IMPLEMENTASI METODE GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUKURAN KINERJA DIVISI MARKETING PT Z

  • Stefanus Rianto Magister Manajemen Ubaya
  • Liliana Inggrit Wijaya Magister Manajemen Universitas Surabaya
Abstract Views: 285 times
Stefanus Rianto, Liliana Inggrit Wijaya (Bahasa Indonesia) Downloads: 385 times

Abstract

Perkembangan suatu organisasi bisnis dipengaruhi oleh produktivitas karyawannya sebagai aset yang membantu mencapai tujuan organisasi dengan melakukan proses bisnis. Setiap waktu organisasi akan selalu dibutuhkan perubahan demi mengikuti kondisi lingkungan eksternal yang ada. Pada situasi tertentu kinerja karyawan memungkinkan terjadi penurunan akibat banyak hal seperti lingkungan kerja yang kurang kondusif, banyak tekanan hingga pekerjaan yang monoton dan berulang hingga menimbulkan kejenuhan. Kualitas sumber daya manusia terbentuk berdasarkan kemampuan sistem yang dijalankan dalam perusahaan untuk mampu memotivasi supaya sumber daya manusia tersebut dapat memberikan performa terbaiknya bagi organisasi. Untuk memberikan motivasi tersebut beberapa perusahaan menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan metode gamifikasi. Metode gamifikasi yang dikemas menggunakan elemen permainan yang dirancang oleh perushaaan menyesuaikan dengan bidang usaha perusahaan, jobdesk karyawan yang ada, kondisi karyawan, dan faktor-faktor internal perusahaan lainnya sehingga sesuai dengan kebutuhan dari setiap divisi dari satu perusahaan  tersebut. Metode ini diyakini mampu membantu meningkatkan motivasi kerja karyawan dan mempermudah proses penilaian kinerja karyawan yang lebih objektif dalam suatu perusahaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Baniaji, D. (2009). Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Hasil Produksi Mebel Pada UD. Jepara Asli Surakarta. In Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Birkinshaw, J., Zimmermann, A., & Riasch, S. (2016). How Do Firms Adapt to Discontinuous Change? California Management Review, 58(4), 36–58. https://doi.org/10.1525/cmr.2016.58.4.36

Christiyaningsih. (2019). Generasi Tua Bergantung pada Milenial Gunakan Teknologi.

Republika.Co.Id. https://www.indotelko.com/read/1560395506/generasi-tua

Farozi, M. (2016). Model Perangkat Lunak Bisnis Gamifikasi Dalam Mengevaluasi Produktivitas Kinerja Kerja Karyawan. Jurnal Cendikia, 12(1), 8–17.

Farozi, M., Suyanto, M., & Lutfi, E. T. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Gamifikasi. Jurnal Teknologi Informasi, X(30), 1–10. http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/131/122

Huotari, K., & Hamari, J. (2012). Defining Gamification - A Service Marketing Perspective. MindTrek ’12: Proceeding of the 16th International Academic MindTrek Conference, 227–231. https://doi.org/10.1145/2393132.2393137

Neuman, W. L. (2013). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (Seventh Ed). Pearson.

Paharia, R. (2013). Loyalty 3.0: How to Revolutionize Customer and Employee Engagement with Big Data and Gamification. McGraw Hill Education.

Ramandita, H. D., Utami, E., & Lutfi, E. T. (2017). Sistem Pengukuran Kinerja Manajemen Untuk Mengevaluasi Tujuan Perusahaan Menggunakan Model Balanced Scorecard Dan Gamification. Creative Information Technology Journal, 4(4), 276–285. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i4.120

Published
2022-02-23
How to Cite
Rianto, S., & Wijaya, L. I. (2022). IMPLEMENTASI METODE GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUKURAN KINERJA DIVISI MARKETING PT Z. Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 25(2), 72-80. https://doi.org/10.24123/jeb.v25i2.4848
Share |