IMPLEMENTASI METODE GAMIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PENGUKURAN KINERJA DIVISI MARKETING PT Z
Abstract
Perkembangan suatu organisasi bisnis dipengaruhi oleh produktivitas karyawannya sebagai aset yang membantu mencapai tujuan organisasi dengan melakukan proses bisnis. Setiap waktu organisasi akan selalu dibutuhkan perubahan demi mengikuti kondisi lingkungan eksternal yang ada. Pada situasi tertentu kinerja karyawan memungkinkan terjadi penurunan akibat banyak hal seperti lingkungan kerja yang kurang kondusif, banyak tekanan hingga pekerjaan yang monoton dan berulang hingga menimbulkan kejenuhan. Kualitas sumber daya manusia terbentuk berdasarkan kemampuan sistem yang dijalankan dalam perusahaan untuk mampu memotivasi supaya sumber daya manusia tersebut dapat memberikan performa terbaiknya bagi organisasi. Untuk memberikan motivasi tersebut beberapa perusahaan menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan metode gamifikasi. Metode gamifikasi yang dikemas menggunakan elemen permainan yang dirancang oleh perushaaan menyesuaikan dengan bidang usaha perusahaan, jobdesk karyawan yang ada, kondisi karyawan, dan faktor-faktor internal perusahaan lainnya sehingga sesuai dengan kebutuhan dari setiap divisi dari satu perusahaan tersebut. Metode ini diyakini mampu membantu meningkatkan motivasi kerja karyawan dan mempermudah proses penilaian kinerja karyawan yang lebih objektif dalam suatu perusahaan.
Downloads
References
Baniaji, D. (2009). Analisis Produktivitas Tenaga Kerja Terhadap Hasil Produksi Mebel Pada UD. Jepara Asli Surakarta. In Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Birkinshaw, J., Zimmermann, A., & Riasch, S. (2016). How Do Firms Adapt to Discontinuous Change? California Management Review, 58(4), 36–58. https://doi.org/10.1525/cmr.2016.58.4.36
Christiyaningsih. (2019). Generasi Tua Bergantung pada Milenial Gunakan Teknologi.
Republika.Co.Id. https://www.indotelko.com/read/1560395506/generasi-tua
Farozi, M. (2016). Model Perangkat Lunak Bisnis Gamifikasi Dalam Mengevaluasi Produktivitas Kinerja Kerja Karyawan. Jurnal Cendikia, 12(1), 8–17.
Farozi, M., Suyanto, M., & Lutfi, E. T. (2015). Perancangan Sistem Informasi Penilaian Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Gamifikasi. Jurnal Teknologi Informasi, X(30), 1–10. http://jti.respati.ac.id/index.php/jurnaljti/article/view/131/122
Huotari, K., & Hamari, J. (2012). Defining Gamification - A Service Marketing Perspective. MindTrek ’12: Proceeding of the 16th International Academic MindTrek Conference, 227–231. https://doi.org/10.1145/2393132.2393137
Neuman, W. L. (2013). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (Seventh Ed). Pearson.
Paharia, R. (2013). Loyalty 3.0: How to Revolutionize Customer and Employee Engagement with Big Data and Gamification. McGraw Hill Education.
Ramandita, H. D., Utami, E., & Lutfi, E. T. (2017). Sistem Pengukuran Kinerja Manajemen Untuk Mengevaluasi Tujuan Perusahaan Menggunakan Model Balanced Scorecard Dan Gamification. Creative Information Technology Journal, 4(4), 276–285. https://doi.org/10.24076/citec.2017v4i4.120