PERKEMBANGAN PENGGUNAAN PRODUK KOSMETIK DI INDONESIA

  • Amelia Putri Jurusan Ilmu Ekonomi, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya
Abstract Views: 6801 times
PDF Downloads: 4840 times
Keywords: Pengembangan Produk Kosmetik, Kosmetik Lokal dan Impor, Perilaku Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penggunaan produk kosmetik di Indonesia. Untuk mengetahui hal tersebut dilakukan penelitian terhadap perilaku konsumen dalam membeli produk kosmetik. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threats) untuk memahami tentang industri kosmetik. Faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mempertimbangkan pemilihan kosmetik, antara lain gaya hidup lingkungan sekitar, kepercayaan terhadap produk, keamanan produk dan perusahaan yang memproduksi, dan kemudahan dalam pengaplikasian produk. Hasil analisis dari 195 responden menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikandari perilaku konsumen dengan perkembangan penggunaan produk kosmetik di Indonesia. Pasar kosmetik nasional terus berkembang mencapai Rp 13,9 triliun pada tahun 2015 menurut Citra Cendikia Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M.S. 2010, Kontrak Bisnis Ekspor-Impor, PPM Manajemen, Jakarta.

Chaisitthiroj, Nussara, 2007, Thai Consumer Decision-making Styles on Imported Cosmetic Brand Products, MSc International Business (1).

Engel, James F., et al., 2000, Perilaku Konsumen, Terjemahan, Binarupa Aksara, Jakarta.

Hafstrom, J.L., Chae, J.S., and Chung, Y.S., 1992, Consumer Decision Making Styles: Comparison between United States and KoreanYoung Consumers, The Journal of Consumer Affairs. 6(1), Summer, pp. 146-58.

Kementrian Perindustrian Republik Indonesia. 2013, (http://www.kemenperin.go.id/artikel/5897/Indonesia-Lahan-Subur-Industri-Kosmetik, diakses 17 Juni 2016).

Lysonski, S., Durvasula, S., and Zotos, Y., 1995, Consumer Decision Making Styles: A Multi-Country Investigation, European Journal of Marketing, 30(12), pp. 10-21.

Mitchell, V.-W. and Bates, L., 1998, UK Consumer Decision-Making Styles, Journal of Marketing Management. 4. pp. 199-225.

PT Citra Cendikia Indonesia, 2015, http://cci-indonesia.com/ 2016/06/17/perkembangan-pasar-industri-kosmetik-di-indonesia-2010-2015/, diakses 17 Oktober 2016.

Purnamawati, Astuti dan Sri Fatmawati, 2013, Dasar-Dasar Ekspor Impor. Teori, Praktik, dan Prosedur, Edisi Satu, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.

Samuelson, Paul A., dan William D. Nordhaus, 2002, Economics, McGraw-Hill, Singapore.

Sohail Khan, Ahmad, Salyha Yousaf, and Sharjeel Saleem, 2014, Customer Perception towards Imported Cosmetics, European Journal of Business and Management, Vol.6, No.28, pp. 202-204.

Teoh, W.M., Chong, S.C., Lin, B., and Chua, W.J., 2013, Factor Affecting Consumer’s Perception of Electronic Payment: An Empirical Analysis. 23 (4).

Wardah Beauty Cosmetics. (http://www.wardahbeauty.com/en/about/story, diakses 17 Oktober 2016).
Published
2017-06-01
How to Cite
Putri, A. (2017). PERKEMBANGAN PENGGUNAAN PRODUK KOSMETIK DI INDONESIA. Ekonomi Dan Bisnis: Berkala Publikasi Gagasan Konseptual, Hasil Penelitian, Kajian, Dan Terapan Teori, 21(2), 59 - 64. https://doi.org/10.24123/jeb.v21i2.1637
Share |