ANALISIS DAN RANCANGAN REVENUE CYCLE BERBASIS INTERNET OF THINGS DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PADA ALFAMIDI TENGGILIS DI SURABAYA

  • Felis Gosal Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 346 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 1292 times
Keywords: Alfamidi, Revenue Cycle, Internet of Things, Efektivitas

Abstract

Saat ini sebagian besar kegiatan operasional setiap badan usaha telah menggunakan sistem akuntansi. Hal ini dikarenakan penerapan sistem memudahkan badan usaha dalam mengumpulkan informasi, memastikan bahwa operasional perusahaan telah berjalan sesuai prosedur, dan membantu dalam pengambilan keputusan. Perkembangan teknologi telah membawa sistem ke dalam dunia baru yang disebut Internet of things yang tentunya memerlukan penyesuaian terhadap sistem yang sudah ada. Akan tetapi dalam praktiknya penerapan sistem ini belum sepenuhnya optimal. Di dalam operasionalnya toko Alfamidi Tenggillis masih memiliki permasalahan – permasalahan. Temuan peneliti terkait masalah tersebut antara lain masalah harga yang berbeda antara kasir, barang di rak yang kosong, jumlah antrian yang panjang di jam tertentu, barang hilang, dan perangkapan tugas. Untuk itu diperlukan sebuah analisis dan rancangan sistem yang sekiranya dapat mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana rancangan sistem khususnya pada revenue cycle berbasis IoT dalam meningkatkan Efektivitas Alfamidi Tenggilis di Surabaya. Teknik yang digunakan dalam merancang rekomendasi dalam penelitian ini adalah prototype low-fidelity. Adapun beberapa rekomendasi yang diberikan di dalam penelitian ini yakni smartshelves, smart price tag, T-cash, hybridcheckout duo US, dan tambahan job desc.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Altierre. 2016. LCD Tag Family. http://www.altierre.com/wordpress/index.php/
solution/lcd-e-papertags/lcd-tag-family/ (diunduh 19 Mei 2016).

Ashton K. 2009. “That ‘Internet of Things’ Thing” Article. RFID Journal.

A.T. Kearney. 2015. Global Retail Expansion: An Unstoppable Force.https://www.atkearney.com/consumer-productsretail/global-retaildevelopment-index/2015 (diunduh 18 Mei 2016).

Baridwan, Zaki. 1993. Sistem Informasi Akuntansi, Edisikedua. Yogyakarta : BPPE.

Brody, paul and Puresrawan, veena. 2015. The Next Digital Gold Rush: How Internet of Things Will Create Liquid Transparent Markets. Strategy & Leadership, Vol. 43, No.1, pp. 36-41

Cervone, H.F. 207. The System Development Life Cycle and Digital Library Development. OCLC Systems & Services International digital library perspectives, Vol. 23, No. 4, pp 348-352.

DeLone, w & Mclean, E. 2003. The Delone and Mclea Model of Information system success: A Ten Year Update Management Information system. Journal of Management Information Systems, Vol. 19, No.4, pp9-30.

Hybridcheckout. 2016. Hybrid Checkout Duo US. http://www.hybridcheckout.com/Article/
HybridCheckout/HybridCheckout-Duo-US (diunduh 29 November2016).

Jogiyanto, H.M. 2007. Model kesuksesan Teknologi Informasi. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Lopez. 2013. An Introduction to the Internet of Things (IoT). Lopez Reseach LLC.
Published
2018-03-01