RANCANGAN BENTUK PENGENDALIAN YANG TEPAT DENGAN GAYA KEPEMIMPINAN YANG ADA PADA PELATIHAN NASIONAL WUSHU

  • Cindy Martono Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 196 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 225 times
Keywords: kepemimpinan, sistem pengendalian manajemen, wushu, coaching

Abstract

Saat ini bidang olahraga beladiri telah mengalami perkembangan yang pesat di Indonesia terutama olahraga Wushu. Wushu yang merupakan olahraga beladiri tak terukur yang mengibarkan bendera merah putih di kancah internasional. Padahal tim Pelatihan Nasional (Pelatnas) Wushu Indonesia baru berdiri tahun 1993, walaupun prestasi gemilang dalam Pelatnas masih terdapat
berbagai kekurangan dan permasalahan baik dari atlet maupun pelatih, padahal dalam pengembangan atlet dan peningkatan prestasi dibutuhkan sarana prasarana yang sesuai terutama dari pelatih yang memegang peranan penting yakni merupakan pihak yang membentuk pengendalian. Setiap organisasi termasuk organisasi olahraga membutuhkan sistem pengendalian manajemen dan adanya gaya kepemimpinan yang tepat serta adanya penerapan coaching yang akan membantu meningkatkan prestasi para atlet. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah applied research, karena peneliti mencoba untuk meneliti permasalahan yang ada pada Pelatnas Wushu serta implikasi penerapan sistem pengendalian manajemen dan gaya kepemimpinan yang tepat sehingga meningkatkan performa atlet. Peneliti menggunakan obyek Pelatnas Wushu baik pelatih maupun atletnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimo-Metcalfe, B. dan Alban-Metcalfe, R. J. 2001. The Developmen of a New Transformational Leadership Questionnaire, Journal of Occupational and Organization Psychology, No.74, pp. 1-27.

Bass, B.M. and Avolio. 1995. Multifactor Leadership Questionnaire. Mind Garden, Inc, California.

Battilana, J. and Dorado, S. 2010. Building sustainable hybrid organizations: the case of commercial microfinance organizations. Academy of Management Journal, Vol. 53 No. 6, pp. 1419-1440.

Bernard Burnes Helen O'Donnell. 2011. What can business leaders learn from sport?, Sport, Business and Management: An International Journal, Vol. 1Iss 1 pp. 12 – 27.

Bull, S. 2006. The Game Plan: Your Guide to Mental Toughness at Work. Capstone Publishing, Chichester.

Burnes, B. 2009. Managing Change, 5th ed., FT / Prentice Hall, London.

Burns, J.M. 1978. Leadership. New York : Harper & Row. Cartledge, Gwendolyn & Milburn, JoAnne Fellows. 1995. Teaching Social Skills to Children and Youth Innovative Approach, Third Edition. Massachusetts : Allyn & Bacon.

Daft, R. 2002. The Leadership Experience, 2nd ed. Thomson South-Western: Mason, OH.

Dwi, Annisa. 2012. Program Coaching Untuk Mengembangkan Keterampilan Interpersonal Pada Individu dengan Masalah Emosional. Universitas Indonesia. Depok.

Efferin, Sujoko dan Bonnie Suherman, 2010. Seni perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian manajemen, Penerbit PT. Elex Media Komputindo, Jakarta.

Efferin, Sujoko, Stevanus Hadi Darmaji dan Yuliawati Tan. 2008. Metode Penelitian Akuntansi: Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta,Indonesia:Graha Ilmu.

Efferin, S., dan W. Pontjoharyo. 2006. Chinese Indonesian Business in the Era of Globalization: Ethnicity, Culture and the Rise of China. Dalam Southeast Asia’s Chinese Business in An Era of Globalization: Coping with the Rise of China. Leo Suryadinata (Editor). Institute of Southeast Asian Studies (ISEAS): Singapore, hal 102-161

Elliot, Stephen N. & Busse, R. T. 1991. Social Skills Assessment and Intervention with Children and Adolescents : Guidelines for Assessment and Training Procedures. USA : University of Wisconsin-Madison.School Psychology International.

Fiedler, Fred E. 1967. A Theory of Leadership Effectiveness. New York: McGraw-Hill.
Published
2018-03-01