PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TENTANG PENGOLAHAN SAMPAH UNTUK ANAK SD KELAS 1
Abstract
Akhir-akhir ini pencemaran lingkungan makin marak terjadi di kalangan masyarakat, khususnya pencemaran yang disebabkan oleh sampah. Kurang adanya kesadaran sebagian masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu penyebabnya. Untuk itu dibutuhkan kesadaran yang perlu dipupuk sejak usia dini mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan serta pembelajaran untuk mengolah setiap jenis sampah dengan cara yang mudah dipelajari dan sederhana. Pembelajaran tersebut merupakan sebuah langkah awal untuk menyelamatkan lingkungan. Dari permasalahan tersebut maka dibuatlah media pembelajaran interaktif tentang pengolahan sampah untuk anak SD kelas 1 yang menyajikan materi tentang pengelompokan sampah dan cara-cara pengolahan sampah berdasarkan jenis-jenisnya. Pembuatan aset, desain user interface, audio, animasi, dan program pada aplikasi ini menggunakan software Adobe Illustrator CS5, Adobe Photoshop CS5, Adobe Soundbooth CS5, dan Adobe Flash Professional CS5. Aplikasi ini telah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan menguji cobakan aplikasi kepada target pengguna serta membagikan kuisioner dan mendapat respon yang positif. Aplikasi ini telah berhasil dibuat dan dapat berfungsi dengan baik.
Downloads
References
Cook, M. E. 2001. Principle of Interactive Multimedia. London: McGraw Hill.
Fanayun. 2011. Aneka Keterampilan dari Barang Bekas. Yogyakarta: Penerbit Idea World Kidz.
Febriana, Putri. 2012. 38 Kreasi dari Barang Bekas. Jakarta: Cikal Aksara.
Kastaman, R. dan Ade, M. K. 2007. Sistem Pengelolaan Reaktor Sampah Terpadu Silarsatu. Jakarta: Penerbit Buku Pendidikan - Anggota Ikapi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar SD/MI.
Murti, Dyah R. B. R. dan Lukman, Zen. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan untuk SD/MI Kelas I. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional.
Vaughan, T. 2004. Multimedia: Making It Work. Edisi 6. Diterjemahkan oleh T. A. Prabawati dan A. H. Triyuliana. Yogyakarta: Andi.
Aprilianto, T. 2010. Karakter Anak Usia Dini [internet], Definisi Warna. Available at: http://www.kansmaster.com/2010/06/06/karakter-anak-usia-dini/ (Diakses pada tanggal 29 September 2013)
Arlini, L. 2012. Banyak Cara yang Bisa Dilakukan Sekolah [internet]. Available at: edukasi.kompas.com/read/2012/11/14/18240861/Banyak.Cara.yang.Bisa.Dilakukan.Sekolah (Diakses pada tanggal 8 Oktober 2013)
Jokomala. 2010. Anak SD Saja Peringati Hari Sampah [internet]. Available at: edukasi.kompas.com/read/2010/02/20/18173146/Anak.SD.Saja.Peringati.Hari.Sampah (Diakses pada tanggal 8 Oktober 2013)
Kompas.com. 2009. Kesadaran Lingkungan Perlu Ditanamkan di Sekolah [internet]. Jakarta: Kompas Gramedia.
Available at: nasional.kompas.com/read/2009/07/14/13443193/bn300x250.swf (Diakses pada tanggal 8 Oktober 2013)
http://agusridwansopari.com/2010/teori-layout-frank-jefkins-2922 (Diakses pada tanggal 12 Mei 2013)
http://pendidikanindonesia.info/pentingnya-kreativitas-dalam-kehidupan-bagianak-usia-dini (Diakses pada tanggal 2 Oktober 2013)
Wirawan, H. E. 2013. Pentingnya Kreativitas bagi Anak Usia Dini [internet]. Available at: www.pikiran-rakyat.com/node/227599 (Diakses pada tanggal 2 Oktober 2013)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.