PENGARUH MORAL EQUITY, RELATIVISM, DAN SIKAP INDIVIDU TERHADAP PERILAKU PEMBAJAKAN PRODUK DIGITAL DI SURABAYA
Abstract
Pembajakan digital merupakan salah satu isu terbesar saat ini dalam dunia bisnis. Berkaitan dengan CD musik dan software, penelitian ini bertujuan untuk mendalami dampak dari moral equity, relativism, dan sikap individu pada perilaku pembajakan di negara berkembang, secara khusus di Surabaya, Indonesia. Perbedaan budaya nasional memungkinkan adanya pengaruh terhadap sikap individu untuk membajak produk-produk digital. Hasil dari penelitian konseptual ini adalah untuk menyediakan gambaran dan rekomendasi bagi pihak pemerintah, perusahaan, dan juga konsumen untuk meningkatkan kesadaran tentang perilaku pembajakan produk digital dan pembuatan keputusan. Metode penelitian ini menggunakan survei kepada 251 responden di Surabaya yang pernah membeli dan menggunakan produk digital bajakan (CD musik dan software). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menemukan bahwa konsumen Surabaya, Indonesia, paham perbuatan pembajakan adalah hal yang salah secara moral, tetapi tetap melakukan hal tersebut. Didukung budaya kolektivisme yang memperlihatkan bahwa perilaku pembajakan ini lumrah di Indonesia, relativism tidak berdampak pada masyarakat Surabaya, Indonesia, karena para konsumen tidak lagi menilai perilaku pembajakan tersebut dari sisi “benar atau salah”, melainkan “apa yang sesuai atau tidak sesuai” di lingkungannya.
Downloads
References
Ajzen, Icek, 2005, Attitude, Personality and Behavior Second Edition, New York: Open University Press.
Aleassa, Hassan dkk., 2011, Investigating software piracy in Jordan: an extension of the theory of reasoned action, Journal of Business Ethics, Vol. 98 No. 4 pp. 663-676.
Ang, Swee Hoon dkk., 2001, Spot the difference: consumer responses towards counterfeits, Journal of Consumer Marketing, Vol. 18 Iss. 3 pp. 219-235.
Arli, Denni dkk., 2015, The impact of moral equity, relativism, and attitude on individuals’ digital piracy behavior in a developing country, Marketing Intelligence and Planning, Vol. 33 Iss. 3 pp. 348-365.
Bender, S. dan Y. Wang, 2009, The impact of digital piracy on music sales: a cross country analysis, International Social Science Review, Vol. 8 pp.157-170.
Chiou, Jyh-Shen dkk., 2005, The antecedents of music piracy attitudes and intentions, Journal of Business Ethics, Vol. 57 pp. 161-174.
Cronan, Timothy P. dan Sulaiman Al-Rafee, 2008, Factors that influence the intention to pirate software and media, Journal of Business Ethics, Vol. 78 No. 4 pp. 527-545.
Douglas, D.E. dkk., 2007, Equity perception as a deterrent to software piracy behavior, Information Management, Vol. 44 No. 5 pp. 503-512.
Forsyth, D.R., 1980, A taxonomy of ethical ideologies, Journal Personality and Social Psychology, Vol. 39 No. 1 pp. 175-184.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.