PENGARUH MORAL EQUITY, RELATIVISM, DAN SIKAP INDIVIDU TERHADAP PERILAKU PEMBAJAKAN PRODUK DIGITAL DI SURABAYA

  • Adrian Hartono Atmadjaja Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 344 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 416 times
Keywords: perilaku pembajakan digital, moral equity, relativism, Sikap, produk digital

Abstract

Pembajakan digital merupakan salah satu isu terbesar saat ini dalam dunia bisnis. Berkaitan dengan CD musik dan software, penelitian ini bertujuan untuk mendalami dampak dari moral equity, relativism, dan sikap individu pada perilaku pembajakan di negara berkembang, secara khusus di Surabaya, Indonesia. Perbedaan budaya nasional memungkinkan adanya pengaruh terhadap sikap individu untuk membajak produk-produk digital. Hasil dari penelitian konseptual ini adalah untuk menyediakan gambaran dan rekomendasi bagi pihak pemerintah, perusahaan, dan juga konsumen untuk meningkatkan kesadaran tentang perilaku pembajakan produk digital dan pembuatan keputusan. Metode penelitian ini menggunakan survei kepada 251 responden di Surabaya yang pernah membeli dan menggunakan produk digital bajakan (CD musik dan software). Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini menemukan bahwa konsumen Surabaya, Indonesia, paham perbuatan pembajakan adalah hal yang salah secara moral, tetapi tetap melakukan hal tersebut. Didukung budaya kolektivisme yang memperlihatkan bahwa perilaku pembajakan ini lumrah di Indonesia, relativism tidak berdampak pada masyarakat Surabaya, Indonesia, karena para konsumen tidak lagi menilai perilaku pembajakan tersebut dari sisi “benar atau salah”, melainkan “apa yang sesuai atau tidak sesuai” di lingkungannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajzen, Icek, 1991, The theory of planned behavior, Organizational and Human Resources Decision Processes, Vol. 50 pp. 179-211.

Ajzen, Icek, 2005, Attitude, Personality and Behavior Second Edition, New York: Open University Press.

Aleassa, Hassan dkk., 2011, Investigating software piracy in Jordan: an extension of the theory of reasoned action, Journal of Business Ethics, Vol. 98 No. 4 pp. 663-676.

Ang, Swee Hoon dkk., 2001, Spot the difference: consumer responses towards counterfeits, Journal of Consumer Marketing, Vol. 18 Iss. 3 pp. 219-235.

Arli, Denni dkk., 2015, The impact of moral equity, relativism, and attitude on individuals’ digital piracy behavior in a developing country, Marketing Intelligence and Planning, Vol. 33 Iss. 3 pp. 348-365.

Bender, S. dan Y. Wang, 2009, The impact of digital piracy on music sales: a cross country analysis, International Social Science Review, Vol. 8 pp.157-170.

Chiou, Jyh-Shen dkk., 2005, The antecedents of music piracy attitudes and intentions, Journal of Business Ethics, Vol. 57 pp. 161-174.

Cronan, Timothy P. dan Sulaiman Al-Rafee, 2008, Factors that influence the intention to pirate software and media, Journal of Business Ethics, Vol. 78 No. 4 pp. 527-545.

Douglas, D.E. dkk., 2007, Equity perception as a deterrent to software piracy behavior, Information Management, Vol. 44 No. 5 pp. 503-512.

Forsyth, D.R., 1980, A taxonomy of ethical ideologies, Journal Personality and Social Psychology, Vol. 39 No. 1 pp. 175-184.
Published
2018-03-01