PENGARUH PRECEIVED VALUE TERHADAP CONSUMER’S BEHAVIORAL INTENTION MMORPG DI SURABAYA

  • Alaen Kurniawan Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Universitas Surabaya
Abstract Views: 130 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 290 times
Keywords: emotional value, price value, quality value, social value, repurchase intention, willingness to pay, word of mouth

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh antara emotional value, price value, quality value dan social value terhadap repurchase intention, willingness to pay dan word of mouth game MMORPG di Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan purposive sampling yang merupakan teknik pengambilan sampel berdasarkan pertimbangan atau penilaian pribadi peneliti terkait dengan karakteristik populasi yang sesuai untuk dijadikan sampel penelitian. Adapun karakteristiknya adalah responden yang pernah bermain game MMORPG dalam satu tahun terakhir. Responden dalam penelitian ini berjumlah 209 orang. Analisis dalam penelitian ini menggunakan SEM (Structural Equation Modeling) dan diolah menggunakan software SPSS versi 18.0 for Windows serta AMOS versi 22.0 for Windows untuk pengujian Model Measurement dan Structural. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 4 dari 12 hipotesis tidak terdukung yaitu emotional value terhadap repurchase intention, price value terhadap word of mouth, quality value terhadap word of mouth dan social value terhadap word of mouth.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bong-Won Park, Kun Chang Lee, 2011, Exploring the value of purchasing online game items, Journal of Computers in Human Behavior, Vol. 27, Issue 6, pp. 2178-2185

Cronan, Timothy P. dan Sulaiman Al-Rafee, 2008, Factors that influence the intention to pirate software and media, Journal of Business Ethics, Vol. 78 No. 4 pp. 527-545.

Hair, J.F. dkk., 2010, Multivariate Data Analysis 7th Edition, Upper Saddle River: Prentice Hall.

Hair Joseph, William C. Black, Barry J. Babin, dan Rolph E. Anderson, 2014, Multivariate Data Analysis, Pearson Education Limited.

Hee-Woong Kim, Sumeet Gupta, Joon Koh, 2011, Investigating the intention to purchase digital items in social networking communities: A customer value perspective, Journal of Information &
Management, Vol. 48, Issue 6, pp. 228-234

Kotler dan Keller, 2015, Marketing Management, 15th Edition, Pearson.
Published
2018-03-01