PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED ENJOYMENT, SOCIAL TIES, SATISFACTION, HABIT TERHADAP CONTINUANCE INTENTION PADA APLIKASI FACEBOOK DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment, Social Ties, Satisfaction, Habit terhadap Continuance Intention pada aplikasi Facebook di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner secara online. Responden dalam penelitian ini adalah 150 responden yang tinggal di Indonesia dan aktif dalam penggunaan aplikasi Facebook di dengan minimal pemakaian satu kali dalam seminggu. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability
sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan melalui pengujian secara statistik. Pengujian dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan Analysis of moment structures (AMOS 18.0). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Satisfaction dan Habit memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Continuance Intention. Perceived Enjoyment dan Social Ties memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Satisfaction. Perceived Usefulness dan Social Ties memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Habit. Sedangkan Perceived Usefulness, Perceived Enjoyment, Social Ties tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Continuance Intention. Perceived Usefulness tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Satisfa.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.