HUBUNGAN ANTARA CUSTOMER SATISFACTION DENGAN PRICE SENSITIVITY PADA INSUDTRI RITEL DI SURABAYA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara customer satisfaction dengan price sensitivity. Lebih spesifik lagi, Customer satisfaction dibagi menjadi dua, yaitu economic satisfaction dan social satisfaction. Objek yang dipilih yaitu : 1) toko ritel yang menjual produk pakaian dan aksesoris fashion serta 2) toko ritel yang menjual produk makanan dan minuman ringan di Surabaya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuisioner dengan melibatkan 200 pasang responden pelanggan – karyawan toko (dyads) dengan teknik pengambilan sampel non – probability sampling. Pengujian dilakukan secara statistik dengan metode Analisis Regresi Hirarki dengan bantuan software SPSS 20 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Economic satisfaction memiliki pengaruh negatif terhadap price sensitivity, 2) Social satisfaction memiliki pengaruh negatif terhadap price sensitivity, 3) pengaruh negatif economic satisfaction terhadap price sensitivity lebih kuat pada pelanggan perempuan, 4) pengaruh negatif social satisfaction terhadap price sensitivity lebih kuat pada pelanggan laki – laki, 5)pengaruh negatif economic satisfaction terhadap price sensitivity lebih kuat pada produk high involvement, 6) tidak ada pengaruh signifikan moderasi product involvement pada hubungan antara social satisfaction dengan price sensitivity, 7) tidak ada pengaruh signifikan moderasi customer patronage frequency pada hubungan antara economic satisfaction dengan price sensitivity, serta 8) tidak ada pengaruh signifikan moderasi customer patronage freaquency pada hubungan antara social satisfaction dengan price sensitivity.
Downloads
References
Hair, J. F., W. C Black, B.J Babin, dan R.E Anderson, 2010, Multivariate Data Analysis : Seventh Edition, New York : Prentice Hall.
Low, Wen – Shinn., Jeng – Da Lee, dan Soo – May Cheng, 2013, The Link between customer satisfaction and price sensitivity : An Investigation of Relating Industry in Taiwan, Journal of Retailing and consumer services, Vol. 20 : 1 – 10
Maxwell, S., S Lee, S Anselsetter, L. B Comer , dan N Maxwell, 2009, Gender Differences in the response to unfair prices : A cross – country analysis, journal of consumer marketing, Vol. 26 : 508 - 515
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.