IMPLIKASI GENDER DALAM KARAKTER KEPEMIMPINAN DAN MANAGEMENT CONTROL SYSTEM PADA BISNIS FASHION

(Studi Kasus PT. XYZ dan Outlet Fashion AB Surabaya)

  • Chen Chen Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 226 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 352 times
Keywords: Gender, Karakter Kepemimpinan, MCS (Management Control System)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji implikasi gender dalam karakter kepemimpinan dan MCS (Management Control System) pada bisnis fashion. Penelitian ini dilakukan terhadap distributor brand fashion AB asal luar negri, yaitu PT XYZ dan satu outlet fashion AB di mall dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya bias gender yang berkembang dalam masyarakat. Penelitian terdahulu banyak membahas hubungan langsung antara gender dan leadership, tetapi hubungan langsung antara gender, leadership, dan MCS (Management Control System) itu sendiri masih belum dibahas secara spesifik. Oleh karena itu, penulis akan menganalisis implikasi gender dalam karakter kepemimpinan, dan MCS (Management Control System) berdasarkan pemaknaan gender karyawan dalam perusahaan dan outlet fashion. Temuan penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh bias gender dalam pemaknaan dan penggunaan wacana gender oleh general manager dan seluruh karyawan PT XYZ sehingga menimbulkan batasan untuk para karyawan yang bekerja dalam perusahaan, yaitu stereotype bahwa pria itu harus maskulin dan wanita itu harus feminim serta adanya keterbatasan pemahaman yaitu faktor pendidikan terkait pemaknaan gender dalam perusahaan. Adanya stereo type gender juga mempengaruhi karakter kepemimpinan dan pengendalian dalam hal MCS (Management Control System) yaitu result, action, dan cultural control. Hasil analisis ini bertentangan dengan penelitian yang menyatakan bahwa jika seorang pemimpin wanita memiliki karakter maskulin akan direspon negatif oleh bawahannya dan kesulitan untuk duduk dalam level kepemimpinan tertinggi karena faktor keluarga tetapi sesuai dengan penelitian terkait kepemimpinan transformasional yaitu kombinasi karakter maskulin dan feminim pada seorang wanita. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amagoh, Francis. (2009). “Leadership development and leadership effectiveness”, Management Decision, Vol. 47 No. 6, pp. 989-999.

Brandt, Tiina dan Laiho, Maarit. (2013). “Gender and personality in transformational leadership context”, Leadership and Organization Development Journal, Vol. 34 No 1, pp. 44-66.

Bridson, Kerrie dan Evans, Jody. (2014). “The secret to a fashion advantage is brand orientation”, International Journal of Retail and Distribution Management, Vol. 32 No 8, pp. 403-411.

Choi, Tsan Ming., Hui, Chi Leung., Ng, Sau Fun., dan Yu, Yong. (2014). “Fast fashion sales forcasting with limited data and time”. Decision Support Systems 59, 84-92.

Dale, B.G., Elkjaer. M.B.F., Wiele. A. Van der., Dan Williams, A.R.T. (2001). “Fad, fashion and fit: An examination of quality circles, business process re-engineering and statistical process control”. Int. J. Production Economics 73, 137-152

DeChurch, Leslie A. (2010). “Leadership across levels: Levels of leaders and their levels of impact”, The Leadership Quarterly 21, 1069-1085.

Efferin, Sujoko., Darmadji, Stevanus Hadi., Tan, Yuliawati. (2008). Metode Penelitian Akuntansi; Mengungkap Fenomena dengan Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Efferin, Sujoko dan Soeherman, Bonnie. 2010. Seni Perang Sun Zi dan Sistem Pengendalian Manajemen. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.

Ely, Robin J. Dan Meyerson, Debra E. (2000). “Theories of Gender in Organization: A new Approach to Organizational Analysis and Change”, Research in Organizational Behaviour, Vol. 22, pp. 103-151.

Goestsch, David L. 2005. Effective Leadership. Upper Saddle River, New Jersey : Pearson Education, Inc.

Gueldenberg, S. And Hoffmann, W. (1998): Die Lernende Organisation-auf dem Weg zum Wissenscontrolling, Ergebnisse des Arbeitskreises Controlling State-of-the-Art, Wien.

Harris, Lloyd C. dan Ogbonna, Emmanuel. (2011). “Antecedents and consequences of management-espoused organizational cultural control”, Journal of Business Research 64, 437-445.

Jogulu, Uma D. Dan Wood, Glenice J. (2006). “The role of leadership theory in raising the profile of women in management”, Equal Opportunities International, Vol. 25 No 4, pp. 236-250.

Jyrkinen, Marjut. 2014. “Women managers, careers, and gendered ageism”, Scandinavian Journal of Management 30, 175-185.

Klarbach, Heike Mensi. (2014). “Gender in top management research”, Management Research Review, Vol. 37 No 6, pp. 538-552
Published
2015-09-01