PENGARUH BRAND ASSOCIATION TERHADAP CONSUMER RESPONSE PRODUK SEPATU OLAHRAGA ADIDAS DI SURABAYA

  • Makmesser Lukas Rumbiak Saba Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya
Abstract Views: 139 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 288 times
Keywords: Brand Associations, Consumer Response

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pengaruh band associations terhadap consumer response produk sepatu olahraga merek Adidas di Surabaya. Penelitian ini dilakukan pada semua jenis sepatu olahraga merek Adidas di Surabaya. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan program Lisrel 8.70. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh social identification function terhadap ketiga variabel consumer response dan pengaruh status function  terhadap kerelaan konsumen merekomendasikan produk sepatu olahraga merek Adidas kepada orang lain. Guarantee function dan personal identification function tidak berpengaruh terhadap ketiga variabel consumer response. Status function tidak berpengaruh terhadap terhadap kerelaan konsumen untuk membeli produk perluasan konsumen selain sepatu olahraga dan kerelaan konsumen untuk membayar harga yang relatif mahal untuk membeli sepatu olahraga merek Adidas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aaker, D. A., 1996, Building Strong Brands, The Free Press, New York.

Aaker, D. A., 1991, Managing Brand Equity, The Free Press, New York.

Angela Stephani, Indarini dan C. H. Honantha, 2008, Pengaruh Brand Associations Terhadap Consumer Response Pada Produk Louis Vuitton di Surabaya, Jurnal manajemen Teori dan Terapan, Tahun 1 No 3, pp 266-286.

Belen del Rio, A., R. Vazquez, dan V. Iglesias, 2001, The Effects of Brand Associations on Consumer Response, The Journal of Consumer Marketing, Vol.18, pp 410-426.

Ferdinand, Augusty, 2002, Structural Equation Modeling Dalam Manajemen Aplikasi Model-Model Rumit Dalam Penelitian Untuk Tesis Magister dan Disertasi Doktor, Fakultas Ekonomi UNDIP, Semarang.

Hutton, J. G., 1997, A Study of Brand Equity In An Organizational-buying Context. Journal of product & Brand Management, Vol. 6 No 6 pp 428-439.

Keller, K.L. , 1998, Strategic Brand Management. Building, Measuring and Managing Brand Equity, Third Edition, Pearson prentice Hall, New Jersey.

Park, S. dan E. M. Lee, 2005, Congruence Between Brand Personality and Self-Image, and the Mediating Roles of Satisfaction and Consumen-Brand Relationship on Brand Loyalty, Asia Pacific Advances in Consumer Research Vol 6, pp 39-45.

Pettis, C., 1995, Technobrands. How To Create & Use “Brand Identity” To Market, Advertise & Sell Technology Products, AMACOM, New York.
Published
2015-09-01