PEMBUATAN AUDIO FILM ANIMASI 3D PENYALIBAN YESUS

  • Dio Chrisputra Oetomo Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 103 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 132 times
Keywords: Audio, score, dubbing, sound effect, film animasi

Abstract

Dalam setiap kehidupan sehari-hari kita banyak sekali mendengar suara. Dalam kegiatan apapun yang kita lakukan pasti akan menimbulkan suatu suara. Dalam berbagai bidang media juga memerlukan suara untuk membuat sesuatu lebih menarik. Seperti dalam dunia film animasi, audio adalah hal yang sangat penting dimana audio akan dapat mempengaruhi audience yang melihat suatu film akan masuk kedalam film tersebut. Untuk anak-anak SD audio dalam sebuah film animasi pun sangat penting agar anak-anak dapat mengerti suatu film dengan lebih mudah dengan adanya audio tersebut. Audio dalam film dibagi menjadi 3, yaitu score, dubbing, dan sound effect. Score adalah penentu utama dalam menentukan emosi dalam suatu film. Musik ternyata dapat membuat pendengarnya berespon sesuai dengan musik yang didengar, maka dari itu peran psikologis cukup mempengaruhi sang pendengar untuk bertindak atau berespon terhadap musik yang di dengar. Musik dapat meningkatkan, mengubah emosi, dan aspek spiritual (Djohan, cited in Sloboda 1999). Pembuatan audio dari score, dubbing, dan sound effect  ini menggunakan software Pro Tools MP 9. Audio dari film animasi 3d “Penyaliban Yesus” ini telah melalui proses uji coba dan evaluasi. Dengan mengujicobakan kepada 10 anak berkisar antara kelas1-6 SD. Pada tahap verifikasi audio yang telah digabungkan dengan film diputar dari awal hingga akhir apakah semua scoring, dubbing, dan sound effect yang telah dibuat tepat penempatannya dan dapat mendukung film animasi 3d “Penyaliban Yesus”. Pada tahap validasi dilakukan wawancara terhadap 10 orang anak yang berkisar antara kelas1-6 SD dengan cara anak-anak tersebut hanya diperdengarkan audio saja tanpa melihat film dan diberikan beberapa pertanyaan mengenai suasana, adegan, dan waktu yang ada pada tiap scene. Setelah selesai, 80% anak-anak tersebut mengerti jalan cerita, suasana, dan waktu yang ada pada tiap scene dalam film tersebut.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aiello, R.1978. Cerebral dominance for the perception of arpeggiated triads. Journal of Research in Music Education, 26.

Haryanto. belajarpsikologi.com. 2009. Pengertian Emosi. Available from: http://belajarpsikologi.com/pengertian-emosi/

Djohan. 2010. Respons emosi musikal. Bandung : CV. LUBUK AGUNG.

Sloboda, J.A. 1999. Everyday uses of music listening: A preliminary study. In Suk Won Yi (Ed). Music, mind, and Science. Seoul: Western Music Institute.
Published
2015-09-01