PEMBUATAN VISUAL NOVEL INTERAKTIF RIWAYAT HIDUP KWAN IM
Abstract
Pendidikan agama merupakan suatu pengajaran yang ditujukan secara khusus kepada anak-anak dari batita sampai pra remaja. Oleh karena di dalam vihara, pendidikan agama Buddha anak berkaitan dengan sekolah minggu atau kebaktian anak-anak. Pengajaran dalam sekolah minggu dilakukan dengan banyak macam metode, seperti menggambar, cerita secara lisan, alat gambar, bermain games dan nyanyian. Penulis ingin menambah metode baru dalam mengajar, yaitu dengan membuat film animasi 2D interaktif kisah Dewi Kwan Im yang dijalankan melalui media komputer, dimana anak-anak dapat belajar sekaligus bermain games, sehingga anak-anak tertarik dan bersemangat untuk belajar. Teori-teori yang digunakan dalam pembuatan aplikasi ini yaitu multimedia interaktif, prinsip animasi, anak usia pratama dan visualisasi novel. Sebelum aplikasi ini dibuat, perlu dianalisis kebutuhan sistem aplikasi yang dibuat, yaitu dengan analisis cerita tentang agama Buddha apa yang diketahui anak-anak. Awal pembuatan aplikasi yaitu dengan mendesain user interface, script, storyboard dan concept art. Aplikasi ini dibuat menggunakan software Adobe Flash CS5 untuk membuat animasi, Adobe Illustrator CS5 dan Adobe Photoshop CS5 untuk membuat dan mengedit gambar, Adobe Audition CS5 dan Audacity untuk merekam dan mengedit suara. Aplikasi sudah melewati proses uji coba dan evaluasi dengan memberikan kuesioner pada anak-anak umur 6-8 tahun dan mewawancarai guru sekolah minggu. Hasil ujicoba dan evaluasi menghasilkan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan karena user dapat merasakan manfaat dari aplikasi ini sebagai sarana pembelajaran agama Buddha yang menarik. Manfaat dari aplikasi ini sebagai sarana penyampaian kebenaran dan menggambarkan peristiwa yang terjadi dalam kisah Dewi Kwan Im.
Downloads
References
Cook, M. E. (2001). Principle of Interactive Multimedia. London: McGraw Hill.
Dwijayanto. 2009. Elemen Multimedia & Aplikasi Multimedia [online]. [Accessed May 20th 2014]. Available from : http://ap304.wordpress.com/2009/05/17/multimedia-2/
Haryanto. 2011. Macam-Macam Gaya Belajar [online]. [Accessed May 20th 2014]. Available from : http://belajarpsikologi.com/macam-macam-gaya-belajar/
Pepak. 2010. Mengenal Anak Pratama (6-8 tahun) [online]. [Accessed Februari 17th 2014]. Available from : http://pepak.sabda.org/mengenal anak pratama umur 6 8 tahun
Ridwan. 2012. Pengenalan Dasar Audio Editing [online]. [Accessed May 25th 2014]. Available from : http://langitbiruband.com/pengenalan-dasar-audio-editing/
Shahifaaudyrahima. 2013. Visual Novel [online]. [Accessed 22nd June 2014]. Available from : http://shahifaaudyrahima.wordpress.com/2013/11/24/pengertian-light-novel-dan-visual-novel/
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.