PEMBUATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEKNIK DASAR DAN ISTILAH DALAM VOLI UNTUK PEMULA

  • Matthew Francornius Yoewono Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 97 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 133 times
Keywords: olahraga voli, teknik dan istilah, multimedia interaktif

Abstract

Olahraga bola voli adalah salah satu dari cabang olahraga yang besar yang yang banyak dimainkan dan diperlombakan. Namun, banyak orang yang masih belum memahami bagaimana cara yang benar dalam bermain voli., Dalam prakteknya, hal yang biasa diketahui orang – orang tentang olahraga voli adalah hanya sekedar memukul bola dan mempertahankannya agar tidak jatuh. Sebenarnya olahraga voli juga memiliki teknik dan istilah yang biasa digunakan dalam permainan. Olahraga lebih mudah dipahami bila dipraktekkan secara langsung. Namun, karena terbatasnya waktu dan prasarana, praktek menjadi jarang dilakukan. Minimnya sumber yang bisa memberikan informasi tentang olahraga voli juga menjadi salah satu kendala. Dengan dukungan teknologi yang semakin maju dan berkembang, orang akan dapat dibantu memahami pelajaran yang didapatkan. Salah satu produk dari teknologi informasi dan komunikasi adalah multimedia interaktif yang merupakan penggabungan dari media teks, gambar, audio, dan animasi. Media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk aplikasi komputer dapat membuat pembelajaran menjadi lebih mudah. Pembuatan aplikasi ini melewati tahap analisa, desain, dan implementasi. Tahapan analisis dilakukan dengan mencari tahu metode apa yang digunakan selama ini. Selain itu analisis juga dilakukan pada media lain yang memiliki pengajaran yang sama. Melalui analisis tersebut, kebutuhan sistem akan dapat diketahui untuk pembuatan media pembelajaran bola voli ini. Dari hasil analisis tersebut, pembuatan desain untuk aplikasi dapat dilakukan. Desain meliputi tampilan halaman dan alur proses aplikasi. Tahap selanjutnya adalah implementasi dari desain yang sudah dibuat. Software yang digunakan untuk implementasi mencakup 2D dan 3D. Hasil implementasi yang sudah jadi akan melalui tahap verifikasi dan validasi untuk memastikan aplikasi berjalan dan berfungsi dengan baik. Segala prosesnya disusun secara sistematis. Dan kesimpulan akan didapatkan berdasarkan proses tersebut bahwa aplikasi berhasil dibuat. Aplikasi pembelajaran bola voli ini dapat menjadi solusi alat bantu pembelajaran dan dapat dikembangkan lagi berikutnya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmadi, Nuril. 2007. Panduan Olahraga Bola Voli. Surakarta: Era Pustaka.

Dinata, Marta. 2004. Belajar Bola Voli. Jakarta: Cerdas Jaya.

FIVB.org. 2014. FIVB Official Volleyball Rules 2015-2016. [Online]. Tersedia di: http://www.fivb.org/ [Diakses 23 April 2015].

Thomas, F & Johnson, O. 1981. The Illusion of Life Disney Animation. Italy: Walt Disney Productions.
Published
2015-09-01