PEMBUATAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK ANAK SD KELAS IV
Abstract
Ensiklopedia merupakan sumber pengetahuan yang begitu menarik dan menambah pengetahuan. Ensiklopedia yang biasanya berupa buku sekarang dapat berupa media digital. Dengan adanya ensiklopedia digital, dapat menarik minat anak-anak untuk mengetahui sumber yang tidak terdapat dalam buku yang diajarkan di sekolah. Pada saat ini, anak-anak kelas 4 SD telah mendapat materi pelajaran IPS mengenal jenis-jenis pekerjaan. Mengenal jenis-jenis pekerjaan sangat penting untuk mendukung sosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya karena pada akhirnya semua orang akan bekerja saat dewasa nanti. Dari masalah tersebut, maka dibuatlah aplikasi multimedia yang dapat mengenalkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di Indonesia. Pembuatan aplikasi diawali dengan melakukan analisis dengan target audience yang merupakan anak-anak kelas 4 SD. Analisis dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk dapat merancang desain aplikasi. Pada aplikasi ensiklopedia, perancangan desain meliputi materi, screen, gambar, dan audio. Desain yang dibuat kemudian diimplementasikan meliputi screen, gambar, program, animasi 2D, dan permainan. Hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat android. Setelah tahap implementasi, tahap uji coba dilakukan dengan cara verifikasi dan validasi. Dari semua tahapan yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ensiklopedia jenis-jenis pekerjaan ini mudah digunakan dan dipahami oleh anak-anak.
Downloads
References
Bijak Manfaatkan Gadget | Selalu Ada Yang Baru. [ONLINE] Tersedia di: http://www.jawapos.com/baca/artikel/2522/Ajak-Anak-Bijak-Manfaatkan-Gadget. [Diakses 26 June 2015]).
Birren, Faber. 1961. Colour Psychology and Colour Therapy. New York : University Books Inc
Hurlock, Elizabeth B, 1978. Child Development. 6th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Larousse, 2011. Ensiklopedia Pintar 6. 1st ed. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.
Nugroho, Eko, 2008. Pengenalan Teori Warna. 1st ed. Yogyakarta: ANDI.
Pile, John F., 2007. Interior Design (4th Edition). 4th Edition. Pearson.
Supriyono, Rakhmat, 2010. Desain Komunikasi Visual - Teori dan Aplikasi. 1st ed. Yogyakarta: ANDI.
Triharso, Agung, 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini 30 Permainan Matematika dan Sains. 1st ed. Yogyakarta: ANDI.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.