PEMBUATAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL JENIS-JENIS PEKERJAAN UNTUK ANAK SD KELAS IV

  • Shirleen Handayani Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 245 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 222 times
Keywords: ensiklopedia, jenis-jenis pekerjaan, anak kelas 4 SD

Abstract

Ensiklopedia merupakan sumber pengetahuan yang begitu menarik dan menambah pengetahuan. Ensiklopedia yang biasanya berupa buku sekarang dapat berupa media digital. Dengan adanya ensiklopedia digital, dapat menarik minat anak-anak untuk mengetahui sumber yang tidak terdapat dalam buku yang diajarkan di sekolah. Pada saat ini, anak-anak kelas 4 SD telah mendapat materi pelajaran IPS mengenal jenis-jenis pekerjaan. Mengenal  jenis-jenis pekerjaan sangat penting untuk mendukung sosialisasi dengan lingkungan di sekitarnya karena pada akhirnya semua orang akan bekerja saat dewasa nanti. Dari masalah tersebut, maka dibuatlah aplikasi multimedia yang dapat mengenalkan jenis-jenis pekerjaan yang ada di Indonesia. Pembuatan aplikasi diawali dengan melakukan analisis dengan target audience yang merupakan anak-anak kelas 4 SD. Analisis dilakukan untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk dapat merancang desain aplikasi. Pada aplikasi ensiklopedia, perancangan desain meliputi materi, screen, gambar, dan audio. Desain yang dibuat kemudian diimplementasikan  meliputi screen, gambar, program, animasi 2D, dan permainan. Hasil akhir dari aplikasi ini dapat digunakan pada perangkat android. Setelah tahap implementasi, tahap uji coba dilakukan dengan cara verifikasi dan validasi. Dari semua tahapan yang telah dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa aplikasi ensiklopedia jenis-jenis pekerjaan ini mudah digunakan dan dipahami oleh anak-anak. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ajak Anak Bijak Manfaatkan Gadget | Selalu Ada Yang Baru. 2015. Ajak Anak

Bijak Manfaatkan Gadget | Selalu Ada Yang Baru. [ONLINE] Tersedia di: http://www.jawapos.com/baca/artikel/2522/Ajak-Anak-Bijak-Manfaatkan-Gadget. [Diakses 26 June 2015]).

Birren, Faber. 1961. Colour Psychology and Colour Therapy. New York : University Books Inc

Hurlock, Elizabeth B, 1978. Child Development. 6th ed. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Larousse, 2011. Ensiklopedia Pintar 6. 1st ed. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Nugroho, Eko, 2008. Pengenalan Teori Warna. 1st ed. Yogyakarta: ANDI.

Pile, John F., 2007. Interior Design (4th Edition). 4th Edition. Pearson.

Supriyono, Rakhmat, 2010. Desain Komunikasi Visual - Teori dan Aplikasi. 1st ed. Yogyakarta: ANDI.

Triharso, Agung, 2013. Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini 30 Permainan Matematika dan Sains. 1st ed. Yogyakarta: ANDI.
Published
2015-09-01