PEMBUATAN APLIKASI TUTORIAL ORIGAMI BERBASIS ANDENGINE

  • Satria Wibawa Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 60 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 73 times
Keywords: Origami, Tutorial, Media, Andengine

Abstract

Origami adalah seni melipat kertas dari Negara Jepang yang dapat dimainkan setiap kalangan umur dan mulai diajarkan kepada anak-anak sejak umur 3 tahun. Seni melipat ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam tergantung dari macam lipatan yang dilakukan agar menjadi satu objek tertentu sehingga diperlukannya tutorial untuk membantu pelipatan origami. Saat ini memang banyak media tutorial origami baik mempelajari dari media buku, internet, maupun video. Namun tentunya semua media yang ada selama ini memiliki kekurangan seperti proses lipatan tidak ditampilkan jelas, tidak terdapat penjelasan tertulis, ataupun tutorial yang ada hanya menampilkan sisi depan origami saja, dan lain lain. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi tutorial origami di Android yang berbasis Andengin dimana Andengine dapat membantu menjalankan animasi pada tutorial serta membantu mendeteksi gerakan sentuhan pada layar. Aplikasi yang dibuat ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah dan meminimalkan kekurangan yang ada pada metode pembelajaran origami yang ada saat ini. Dari hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan, didapatkan bahwa aplikas ini dapat membantu proses pembelajaran origami. Fitur animasi, tampilan 3 dimensi, navigasi next, back, putar dan ulangi, serta pelipatan kertas dengan mendrag, dapat membantu pengguna khususnya anak-anak berusia 3 hingga 6 tahun untuk belajar origami. Aplikasi ini juga memudahkan para pembimbing untuk mengajarkan origami kepada adik, anak, atau murid mereka. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budi, B.S. 2005. Apa Itu Origami [Online], dari http://sanggar-origami.com/catatan/apa-itu-origami/ [Akses 03 September 2014].

Christianti, M. 2007. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini [Online], dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ [Akses 03 September 2014].

Developer Android, 2011. Android Development Tools [Online], dari http://developer.android.com/tools/help/adt.html [Akses 03 September 2014].

Developer Android, 2011. Android Software Development Kit [Online], dari http://developer.android.com/tools/sdk/eclipse-adt.html [Akses 03 September 2014].

Hirai, M. 2014. Origami Kreatif. Jakarta: Indria Pustaka.

IBM Developer Works, 2013. Introduction to the Andengine, Android video game library [Online], dari https://www.ibm.com/developerworks/ [Akses 03 September 2014].
Published
2015-09-01