PEMBUATAN APLIKASI TUTORIAL ORIGAMI BERBASIS ANDENGINE
Abstract
Origami adalah seni melipat kertas dari Negara Jepang yang dapat dimainkan setiap kalangan umur dan mulai diajarkan kepada anak-anak sejak umur 3 tahun. Seni melipat ini memiliki tingkat kesulitan yang beragam tergantung dari macam lipatan yang dilakukan agar menjadi satu objek tertentu sehingga diperlukannya tutorial untuk membantu pelipatan origami. Saat ini memang banyak media tutorial origami baik mempelajari dari media buku, internet, maupun video. Namun tentunya semua media yang ada selama ini memiliki kekurangan seperti proses lipatan tidak ditampilkan jelas, tidak terdapat penjelasan tertulis, ataupun tutorial yang ada hanya menampilkan sisi depan origami saja, dan lain lain. Oleh karena itu, dibuatlah sebuah aplikasi tutorial origami di Android yang berbasis Andengin dimana Andengine dapat membantu menjalankan animasi pada tutorial serta membantu mendeteksi gerakan sentuhan pada layar. Aplikasi yang dibuat ini diharapkan dapat menyelesaikan masalah dan meminimalkan kekurangan yang ada pada metode pembelajaran origami yang ada saat ini. Dari hasil verifikasi dan validasi yang dilakukan, didapatkan bahwa aplikas ini dapat membantu proses pembelajaran origami. Fitur animasi, tampilan 3 dimensi, navigasi next, back, putar dan ulangi, serta pelipatan kertas dengan mendrag, dapat membantu pengguna khususnya anak-anak berusia 3 hingga 6 tahun untuk belajar origami. Aplikasi ini juga memudahkan para pembimbing untuk mengajarkan origami kepada adik, anak, atau murid mereka.
Downloads
References
Christianti, M. 2007. Pengembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini [Online], dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/ [Akses 03 September 2014].
Developer Android, 2011. Android Development Tools [Online], dari http://developer.android.com/tools/help/adt.html [Akses 03 September 2014].
Developer Android, 2011. Android Software Development Kit [Online], dari http://developer.android.com/tools/sdk/eclipse-adt.html [Akses 03 September 2014].
Hirai, M. 2014. Origami Kreatif. Jakarta: Indria Pustaka.
IBM Developer Works, 2013. Introduction to the Andengine, Android video game library [Online], dari https://www.ibm.com/developerworks/ [Akses 03 September 2014].
Ismayanti, F. 2005. Origami dan Anak [Online], dari http://sanggar-origami.com/catatan/origami-dan-anak-bagian-2/ [Akses 03 September 2014].
Junaedi, M. 2003. Pengantar XML. Jakarta: Ilmu Komputer.
Origami USA, 2012. Origami Difficulty [Online], dari https://origamiusa.org/difficulty [Akses 03 September 2014].
Schroeder, J. 2013. AndEngine for Android Game Development Cookbook. United Kingdom: Packt Publishing Ltd.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.