HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP PERAN DOSEN LABORATORIUM MINAT DENGAN KEMANTAPAN KARIR MAHASISWA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada/tidaknya korelasi antara persepsi terhadap peran dosen laboratorium minat dengan kemantapan karir mahasiswa. Subjek penelitian adalah 162 mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya yang sedang mengambil mata kuliah Penyusunan Proposal Penelitian dan yang sedang mengerjakan skripsi, dengan asumsi mereka telah memilih laboratorium minat yang dibentuk untuk menunjang kemantapan karir mereka. Pengambilan data menggunakan metode angket terbuka dan angket tertutup. Hasil uji nonparametrik dengan teknik korelasi Spearman menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara kedua variabel (r= 0,317, p= 0,000), yang berarti bahwa semakin baik peran dosen laboratorium minat yang dipersepsikan maka semakin tinggi tingkat kemantapan karir mahasiswa. Sumbangan efektif yang diberikan cukup kecil (r2= 10%), dan dari hasil data ditemukan bahwa faktor-faktor lain yang berperan terhadap kemantapan karir adalah media informasi internet, serta figur orangtua dan teman yang banyak berperan dalam pemberian dukungan sosial.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.