PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP EARNINGS RESOPONSE COEFFICIENT PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA 2014

  • Natalia Poerwanto Jurusan Akuntansi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 49 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 42 times
Keywords: Earnings Response Coefficient (ERC), Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure

Abstract

Abstrak -Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh pengungkapan aktivitas Corporate Social Responsibility dalam laporan tahunan perusahaan terhadap Earnings Response Coefficient. Sampel dalam penelitian ini diambil dari perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun 2014. Pengolahan data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan model interaksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan CSR tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap ERC. Hal itu disebabkan karena minimnya informasi yang diungkapkan perusahaan terkait aktivitas CSR dalam laporan tahunan dan investor tidak sepenuhnya percaya terhadap informasi tersebut.

Kata Kunci: Earnings Response Coefficient (ERC), Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR)

Abstract –This study aimed to examine the effect of Corporate Social Responsibility activity disclosed in the companies’ annual reports on the Earnings Response Coefficient. The sample in this study was drawn from companies listed on Indonesia Stock Exchange in 2014. Tests carried out using multiple linear regression analysis with interaction models. The results show that the disclosure of CSR does not significantly affect the ERC. It is caused due to lack of CSR information disclosed by companies and investors do not fully confidence toward that information.

Keywords: Earnings Response Coefficient (ERC), Corporate Social Responsibility (CSR) disclosure

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alexander, Gordon J. dan Rogene A. Buchholz. 1978. Corporate Social Responsibility and Stock Market Performance. The Academy of management Journal, Vol. 21, Issue 3, 479-486

Daud, R. M., dan N. A. Syarifuddin. 2008. Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure, Timelineness, dan Debt to Equity Ratio terhadap Earnings Response Coefficient. Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi. Vol. 1 (1): h. 82-101

Dimitropoulos, P.E., and D. Asteriou. 2009. The relationship between Earnings and Stock Return: Empirical Evidence from The Greek Capital Market. International Journal of Economics and Finance. Vol, 1 (1)

Fariba, Kazemzadeh. 2013. Effect of The Social Accountability on Incoming and Earnings Response Constant. Progress in Management Sciences Journal. Vol, 1 (1): p. 8-14

Holbrook, Mary Beth. 2013. Corporate Social Responsibility and Earnings Response Coefficients. Journal of Finance and Accountancy

Kothari dan J.L. Zimmerman. 1995. Price and Return Models. Journals of Accounting and Economics. Vol. 20, p.155-192

Lang, Mark H. dan Russell J. Lundholm. 1996. Corporate Disclosure Policy and Analyst Behavior. The Accounting Review. Vol. 71, No. 4, p.467-492

Peraturan Pemerintah No.47 Tahun 2012 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perseroan Terbatas

Sayekti, Y., dan L. S. Wondabio. 2007. Pengaruh CSR Disclosure terhadap Earnings Response Coefficient: Suatu Studi Empiris pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta). Simposium Nasional Akuntansi X

Scott, William R. 2015. Financial Accounting Theory, 7th ed. Toronto: Pearson Education Canada

Sembiring, Eddy Rismanda. 2005. Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung jawab Sosial: Study Empiris pada Perusahaan yang Tercatat di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VIII

Syafrudin, M. 2004. Pengaruh Ketidaktepatwaktuan Penyampaian Laporan Keuangan pada Earnings Response Coefficient. Simposium Nasional Akuntansi VII

Undang- Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 66 Ayat 2(c)

Undang- Undang No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 74

Untung, H.B. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta: Sinar Grafika

Wulandari, K.T., dan G. A. Wirajaya. 2014. Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Earnings Response Coefficient. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 6.3. Vol. 6, No.3. http://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/8330/0. (diunduh tanggal 11 April 2015)
Published
2017-09-01