PERANCANGAN STRATEGI BISNIS DAN FUNGSIONAL DI UD. TRITUNGGAL DIESEL, TANA PASER, KALIMANTAN TIMUR
Abstract
Abstrak UD. Tritunggal Diesel adalah sebuah usaha dagang yang menjual suku cadang dan berbagai jenis mesin, seperti mesin gergaji (kayu), mesin potong rumput, mesin ketinting (bensin dan solar), pompa air, genset (bensin dan solar), dan lainlain, yang dapat membantu pekerjaan petani, nelayan, tukang kayu, tukang kebun, dan pekerja lainnya. Saat ini, banyak pesaing dengan strategi mereka yang kompetitif yang juga menjual suku cadang dan mesin seperti UD. Tritunggal Diesel. Jadi, tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang strategi bisnis dan fungsional bagi UD. Diesel Tritunggal agar dapat bertahan dan bersaing terhadap pesaing-pesaing yang ada. Adapun pokok materi yang digunakan dalam tesis ini, yaitu analisis kompetitif: lima kekuatan Porter, analisis SWOT, analisis formulasi strategi, analisis kuadran, dan strategi fungsional. Sebagai hasil dari tesis atau penelitian ini, ada banyak strategi bisnis dan fungsional yang dapat digunakan dan diterapkan UD. Tritunggal Diesel sebagai strategi kompetitif untuk bisa mendominasi dan bersaing dengan pesaing-pesaingnya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah UD. Tritunggal Diesel telah menerapkan beberapa strategi bisnis dan fungsional, dan diharapkan dengan diterapkannya strategi-strategi tersebut, maka dapat memberikan dampak positif bagi UD. Tritunggal Diesel.
Kata kunci: Strategi Bisnis, Strategi Fungsional, Analisis Kuadran
Abstract UD. Tritunggal Diesel is a trading business that sells spare parts and various types of machinery, such as chain saw, brush cutter, gasoline and diesel engine, water pump, gasoline and diesel generator, and etc, which can help the work of farmers, fishermen, carpenters, gardeners, and other workers. Nowadays, many competitors with their competitive strategies who also sell spare parts and machines like UD. Tritunggal Diesel. So, the purpose of this thesis is to design business and functional strategy for UD. Tritunggal Diesel in order to survive and compete against them. This thesis used competitive analysis: five forces of Porter, SWOT analysis, strategy formulation analysis, quadrant analysis, and functional strategy. As a result from this thesis or research, there are many business and functional strategies that UD. Tritunggal Diesel can used and applied as a competitive strategies to dominate and compete against competitors. The conclusion from this thesis is UD. Tritunggal Diesel has applied some of those business and functional strategies and expected that UD. Tritunggal Diesel will have a positive impact for applied those strategies.
Keywords: Business Strategy, Functional Strategy, Quadrant Analysis
Downloads
References
Amirullah. (2015). Manajemen Strategi Teori-Konsep-Kinerja. Jakarta: Mitra Wacana Media.
David, F. R. (1997). Concept of Strategic Management (Sixth Edition). New Jersey: A Simon & Schuster Company.
David, F. R. (2006). Strategic Management: Manajemen Strategis Konsep Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat.
Lovelock, C.H. dan Wright, L.K. (2005). Alih bahasa: Agus, Widyantoro. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.
Nilasari, S. (2014). Manajemen Strategi itu Gampang. Jakarta: Dunia Cerdas.
Rangkuti, F. (2000). Teknik Membuat Perencanaan Bisnis dan Analisis Kasus. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hakim, M. B. (2008, 2 Juni). Penyelarasan Teknologi Informasi dengan Strategi Bisnis. Sumber: https://bisigi.wordpress.com/2008/06/02/penyelarasanteknologi-informasi-dengan-strategi-bisnis/. Diakses: 8 Oktober 2015.
Mahira, R. (2013, 23 Januari). Strategi Fungsional dan Pilihan Strategis. Sumber: http://riskymahira.blogspot.co.id/2013/01/strategi-fungsional-danpilihan.html. Diakses: 8 Oktober 2015.
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.