PERANCANGAN BRAND IDENTITY COTTON CO MALANG

  • Alfandra Qashmal Aufar Teknik Informatika Program Multimedia / Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Fitri Dwi Kartikasari Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Tyrza Adelia Fakultas Teknik Universitas Surabaya
Abstract Views: 319 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 257 times
Keywords: Brand Identity, Cotton Co, Kualitatif, Brand Manual Book

Abstract

Dengan melihat peluang yang ada, bisnis cafe masih merupakan bisnis yang menjanjikan. Karena semakin menjamurnya cafe yang ada di Malang, sehingga sebuah cafe membutuhkan brand identity. Tidak terkecuali Cotton Co sebagai cafe yang akan turut serta meramaikan bisnis cafe yang ada di Malang. Dengan adanya brand identity sehingga target market dapat lebih muda untuk mengenali cafe tersebut. Target market dari Cotton Co Cafe adalah masyarakat mulai dari kalangan menengah terutama kalangan muda seperti anak SMA, mahasiswa, bahkan pekerja dan tidak terbatasi oleh usia dan jenis kelamin. Untuk tahap pembuatan brand identity ini melalui beberapa tahap yaitu menganalisis data cafe dan menganalisis kompetitor. Kemudian hasil dari analisis inilah yang menjadi bahan pertimbangan dan acuan yang kemudian diolah menjadi strategi desain yang konsisten serta menjadi sebuah konsep yang berbeda dari kompetitor.Setelah didapatkan data hasil dan analisis dari uji coba, lalu ditarik kesimpulan bahwa brand identity mudah diingat dan melekat kuat di ingatan para target market, menu dapat menarik minat konsumen, panduan brand manual book dapat dipahami dengan jelas dan informasi yang tertera pada website pun dapat tersalurkan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A.B. Susanto & Wijanarko, H., 2004. Power Branding: Membangun Merek Unggul dan Organisasi Pendukungnya. Jakarta, PT. Mizan.

Badan Pusat Statistik (BPS). 2017. Istilah. [ONLINE] Available at: https://www.bps.go.id/istilah/index.html?Istilah_page=4 . [Accessed 22 Januari 2018]

Carter, David E. 1985. Designing Corporate Identity Programs for Small Corporation. New York : Art Direstion Book Company.

Davis, M. 2009. The Fundamentals of Branding. 1st ed. Lausanne: AVA Publishing SA.

Durianto, D., Sugiarto., dan Budiman, L. J., 2004., Brand Equity Ten: Stategi memimpin Pasar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gelder, S.V. 2005. Global brand strategy. London: Kogan Page.

Grohmann, Bianca. 2009. “Gender Dimensions of Brand Personality,” Journal of Marketing Research, 46. Pp 105–119.

Keller, K. L. 2008. Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity. 3rd ed. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Kotler, P. & Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Pearson. Kotler. P. & Keller. K. 2009. Manjajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13 Jakarta: Erlangga.

Kotler. P. & Keller. K. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson. Kotler, P. & Pfoertsch, W. 2006. B2B Brand Management. Berlin: Springer.

Kusrianto, Adi. 2009. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: ANDI.

Louis, D, and Lombart, C. (2010). “Impact of brand personality on three major consequences (trust, attachment, and commitment to the brand)”, Journal of Product and Brand Management. Vol. 19 No. 2, pp 114-130.

Rivers, C. 2010. Logo Art: Innovation in Logo Design. London: RotoVision SA. Rustan, S. 2009. Mendesain Logo . 1st ed. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rust, et al., 2004. Customer-Centered Brand Management. Harvard Business Review, 20 Oktober. 3.

Saren, M. 2012. Marketing Grafitti. Burlington Massachusetts: Butterworth- Heinneman.

Suyanto, M. 2004. Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Penerbit & Percetakan ANDI.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : ANDI.
Published
2018-03-01

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2