STUDI DESKRIPTIF PERSEPSI, MINAT, DAN MOTIVASI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI UNIVERSITAS SURABAYA TERHADAP PROFESI AKUNTAN PUBLIK

  • Vordina Victomaria Sarintohe Jurusan Akuntansi / Universitas Surabaya
  • Senny Harindahyani Jurusan Akuntansi / Universitas Surabaya
Abstract Views: 282 times
PDF - FULL TEXT Downloads: 257 times
Keywords: Student perception, student interest, student motivation, lecturer role

Abstract

INTISARI: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran dari persepsi, minat dan motivasi mahasiswa terhadap profesi akuntan publik. Jenis penelitian yang digunakan adalah applied research dengan metode pendekatan triangulasi. Teknik pengumpulan data pertama yang dilakukan penulis adalah dengan pendekatan kuantitatif yaitu melalui penyebaran kuisioner dengan metode quota sampling dan yang kedua adalah dengan pendekatan kualitatif yaitu melalui wawancara dengan metode snowball sampling. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan persepsi, minat, dan motivasi antara mahasiswa junior dan senior terhadap profesi akuntansi. Hal tersebut disebabkan karena adanya perbedaan informasi atau pengetahuan yang diterima oleh mahasiswa junior dan senior. Oleh karena itu dibutuhkan peranan dosen untuk membangun persepsi, minat, dan motivasi mahasiswa terhadap profesi akuntan publik.

Kata Kunci: Persepsi mahasiswa, minat mahasiswa, motivasi mahasiswa, peranan dosen

ABSTRACT: This research aims to find out how the picture of the perception, interest, and motivation of students towards the profession of public accountants.The type of research used is applied research with triangulation approach method. The first data collection technique done by the writer is with quantitative approach that is through the distribution of questionnaires with quota sampling method and the second is with qualitative approach that is through interview with snowball sampling method.The result of the research shows the difference perception, interest, and motivation between junior and senior students toward the profession of public accountants. This is due to differences in information or knowledge received by junior and senior students. Therefore, it takes the role of lecturers to build the perception, interest, and motivation of students to the profession of public accountants.

Keywords: Student perception, student interest, student motivation, lecturer role. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abror, AR. 1993. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Alimah, Nur dan Linda Agustina. 2014. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Minat Mahasiswa Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntan (PPA) Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Semarang, Indonesia

Arifianto, Fajar dan Sukanti. 2014. Pengaruh Motivasi Diri dan Persepsi Mengenai Profesi Akuntan Publik Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Nominal, Vol. 3 No. 2 (2014)

Arini, Nih Luh Juni. 2015. Minat Mahasiswa Akuntansi menjadi Akuntan Publik: Studi Kasus pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Udayana dan Universitas Mahasaraswati Denpasar. Fakultas Ekonomi Universitas Mahasaraswati, Denpasar.

Asmoro, Tri Kusno Widi., Anita Wijayanti., dan Suhendro. 2016. Determinan Karir Sebagai Akuntan Publik oleh Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi, Vol. 1 No. 1.
Buku Pedoman Mahasiswa Universitas Surabaya tahun 2014.

Cooper, Donald R. 2017. Metode Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Desmita. 2011. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Fahriani, Dian. 2012. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 1 No. 2 (2012).

Fitriany dan Yulianti. 2007. Perbedaan Persepsi Antara Mahasiswa Senior dan Junior Mengenai Profesi Akuntan Pada Program Diploma 3 Indonesia: Unhas Makasar.

Goleman, Daniel. 2001. Kecerdasan Emosi Untuk Mencapai Puncak Prestasi. Terjemahan. Alih bahasa: Alex Tri Kantjono Widodo Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Gunarso. 1995. Meningkatkan Minat Belajar Anak. Jakarta: LPTK dan ISPI.

Hasibuan, Malayu S.P., 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Cetakan Keenam. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Helda dan Mekar. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Script Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah ASKEB IV (Patologi) di Prodi DIII Kebidanan Stikes Ranah Minang Padang Tahun 2014. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan PEDAGOGI, Vol. XV No.1 April 2015.

Hurlock, Elizabeth B. 2010. Perkembangan Anak Jilid 2. Edisi 6. Jakarta: Erlangga.

Lestari, I Gusti Agung Krisna dan I Ketut Yadnyana. 2013. Persepsi dan Minat Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Udayana Terhadap Profesi Akuntan Publik. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana, Vol. 3 No. 1.

Lincoln, Yovana S; Guba, Egon. 1985. Naturalictic Inquiry. Sage Publications, Beverly Hills, London, 1984.

Mangkunegara, AA. Anwar Prabu. 2005. Perilaku dan Budaya Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyaningsih. 2016. Pengaruh penerapan Undang-Undang ProfesiAkuntan Publik Terhadap Minat Mahasiswa Menjadi Akuntann Publik. Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi: Vol. 2 No. 2 Tahun 2016.

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 2001. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Nicholls, J.G. 1984. Achievement Motivation: Conception of Ability Subjective Experience, Task Choice, and Performance. Psychological Review, 91, 328-346.

Nursalam. 2003. Teori-Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Minat Siswa. Jakarta: Ditjen DIKTI.

Once. 2008. Peningkatan Kemampuan Dosen Dalam Proses Pembelajaran. Jakarta: UBM.

Pareek, U. 1984. Perilaku Organisasi. Seri Manajemen No. 98. Jakarta: PT. Pustaka Prssindo.

Prakarsa. 2004. Menyoal Tanggung Jawab Profesi Akuntan Publik. Dalam Prosding KNA VIII. Jakarta.

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Purwati, Atiek Sri dan Krishnoe Rachmi Fitrijati. 2011. Persepsi Dosen, Mahasiswa (PPAk), Mahasiswa Akuntansi, dan Pengguna Jasa Terhadap Due Audit Care Akuntan Publik. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 9 No. 1 Maret 2011.

Putra, Mario Bayu Prasetya dan Zaki Baridwan. 2012. Pemilihan karier Akuntan Publik: pengaruh Orientasi Etika, Gender, Umur dan Tingkat Pengetahuan. Jurnal Online. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Brawijaya Malang, Vol. 1 No. 1 Hal 1-16.

Rivai, Veitzhal. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: Dari Teori ke Paktik, Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadirman. 2005. Interaksi dan motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafind Persada.

Sarlito, Wirawan. 1997. Psikologi Sosial Individu dan Teori –Teori Psikologi Sosial. Jakarta: PT. Balai Pustaka.

Setyawardani. 2006. Persepsi Mahasiswa Senior dan Junior Terhadap Profesi Akuntan. Ekuitas, Vol. 13, No. 1, Maret 2006.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Suardhika, I made Sadha. 2012. Kuasa Universitas dan Profesi Akuntan Dalam Pengembangan Profesi Akuntansi. Buletin Studi Ekonomi, Vol. 17 No. 2, Agustus 2012.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukoharsono, E. Ganis. 2000. Bookeeping To Professional Accounting: A University Power in Indonesia. International Journal of Accounting and Business Society, Vol. 8 No. 1.

Sumarna. 2002. Etika Bisnis dan Etika Profesi dalam Globalisasi. Media Akuntansi Edisi 31 Febuari-Maret. Hal 3-4.

Sundari, Siti dan Sukanti. 2016. Pengaruh Motivasi dan Pengetahuan Tentang Profesi Auditor Terhadap Minat Menjadi Auditor Pada Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Profita Edisi 5 Tahun 2016

Uma Sekaran. 1984. Research Methods for Business. Southern Illinois University at Carbondale.

Veitzhal Rivai. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teorike Praktik, Edisi Pertama. Jakarta: PT. Raja Garfindo Persada.

Wade, Carole dan Carol Tavris. 2007. Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Wahyuni, Desti dan Rediana Setiyani. 2017. Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Walgito, Bimo. 1997. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.

Wanny, Eva. 2011. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Fakto-Faktor Pemilihan Karir Akuntan Publik. Jurnal Media Mahardika Vol. 10 No. 1.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Weygant, 1 Donald E. Keiso dan Paul D. Kimmel. 1996. Auditor Liability In The UK: The Case for Reform. Critical Perspectives on Accounting and Auditing. Vol. 10 No. 3.

Winkel. 2009. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Woolfolk, A.E. 1995. Educational Psychology. Boston: Allyn and Bacon www.ubaya.ac.id

www.my.ubaya.ac.id

Yendrawati, Reni. 2007. Persepsi Mahasiswa dan Mahasiswi Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan. Fenomena: Vol. 5 No. 2, September 2007.
Published
2019-09-01