HUBUNGAN PRESTASI AKADEMIK DAN STRATEGI REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA TUNA RUNGU
Abstract
Prestasi akademik (IPK) diuniversitas dianggap sangat penting karena merupakan salah satu syarat dalam karir mahasiswa yang telah lulus atau menjadi pertimbangan untuk melanjutkan pendidikan dijenjang lebih tinggi. Prestasi akademik dapatd ipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah strategi regulasi diri dalam belajar. Penggunaan strategi regulasi diri dalam belajar bagi mahasiswa tunarungu sangat penting. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa tunarungu memiliki hambatan kemampuan pendengarannya, padahal proses pembelajaran diuniversitas banyak dilakukan secara verbal. Penelitian ini menggunakan teknik sampling snowball dengan 33 partisipan mahasiswa tunarungu dari berbagai universitas yang berbeda akreditasi, fakultas, dan semester. Alat ukur yang digunakan adalah Academic Self-Regulation of Learning Scale(A-SRL-S) yang ikembangkan oleh Magno (2010) berdasarkan teori regulasi diri dalam belajar dari Zimmerman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara prestasi akademik dan strategi regulasi diri dalam belajar. Tampaknya, terdapat factor lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik, yaitu factor internal (kondisi fisik atau kesehatan mahasiswa saat mengikuti proses belajar, aspek kecerdasan, bakat atau kemampuan potensial, minat belajar, dan motivasi mahasiswa) dan eksternal (lingkungan sosial dan lingkungan non-sosial). Saran pada penelitis elanjutnya adalah untuk mengeksplorasi lebih dalam faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi prestasi akademik pada mahasiswa tunarungu.
Downloads
- Articles published in CALYPTRA are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license. You are free to copy, transform, or redistribute articles for any lawful purpose in any medium, provided you give appropriate credit to the original author(s) and the journal, link to the license, indicate if changes were made, and redistribute any derivative work under the same license.
- Copyright on articles is retained by the respective author(s), without restrictions. A non-exclusive license is granted to CALYPTRA to publish the article and identify itself as its original publisher, along with the commercial right to include the article in a hardcopy issue for sale to libraries and individuals.
- By publishing in CALYPTRA, authors grant any third party the right to use their article to the extent provided by the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International license.