MOTIVASI BACKPACKER NUSANTARA BEPERGIAN KE SINGAPURA

  • Michael Deanda Lukito Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Penelitian ini menguji perbedaan motivasi untuk backpacker nusantara yang melakukan perjalanan pertama kali dan berulang bepergian ke Singapura. Sebanyak 170 responden telah mengisi kuisioner dengan 13 responden yang tidak valid yang digunakan untuk analisis. Sebanyak 71 responden melakukan untuk pertama kali dan 86 responden melakukan untuk berulang. Backpacker yang melakukan perjalanan pertama kali memiliki kecenderungan termotivasi karena ingin mengunjungi tempat yang mereka belum pernah kunjungi, sedangkan yang berulang tidak. Backpacker yang berulang lebih termotivasi karena kenyamanan transportasi publik, sedangkan yang pertama kali juga sama termotivasi karena hal tersebut. Temuan dalam penelitian ini mengungkapkan bahwa faktor pendorong(push) yang lebih kuat dari faktor penarik(pull) untuk backpacker yang melakukan perjalanan pertama kali dan berulang. Saran untuk menarik backpackers berulang yang tersedia dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini dapat menjadi informasi tambahan untuk menentukan strategi marketing pariwisata dan pengelolahan pariwisata Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alves, S., Abrantes, J.L., Antunes, M.J., Seabra, C., & Herstein, R., 2016, WOM antecedents in backpacker travelers, Journal of Business Research, Vol. 69:1851-1856

Correia, A., do Valle, P. O., & Moço, C. 2007b. Modeling motivations and perceptions of Portuguese tourists, Journal of Business Research, Vol.60(1):76–80

Goeldnes, R dan Ritchie, B, 2012, Tourism : Principles, Practices, Philosophies, 12th Edition, John Wiley & Sons.

Jane, L.S., Wang, T.C., dan Phoebe, Y.H., 2014, Motivations for first-time and repeat backpackers in Shanghai, Tourism Management Perspective, Vol. 12:57-61

Kim, S., Lee, J.S., Kim, M., 2012, How different are first-time attendees from repeat attendees in convention evaluation ?, International Journal of Hospitality Management, Vol. 31:544-553

Larsen, S., Øgaard, T., & Brun, W. 2011. Backpackers and mainstreamers: Realities and myths, Annals of Tourism Research, Vol.38(2):690–707

Loker-Murphy, L., Pearce, P. L. 1995. Young budget travelers: Backpackers in Australia, Annals of Tourism Research, Vol.22(4):819–843

Maholtra, K.N., 1993, Marketing Research An Applied Orientation, 2nd Edition, Prentice Hall International Inc.

Maoz, D. 2007. Backpackers' motivations: The role of culture and nationality, Annals of Tourism Research, Vol.34(1):122–140

McIntosh,W dan Goeldnes, R, 1990, Tourism : Principles, Practices, Philosophies, 6th Edition, John Wiley & Sons.

Schiffman, G, 2004, Consumer Behavior, 8th Edition, Pearson Education.

Shantika, M.P., 2013, Factor Analysis Of Push And Pull Travel Motivations Of Foreign Tourism To Lombok, Thesis, Universitas Surabaya.

Soekadijo, R.G., 1996, Anatomi Pariwisata, Gramedia Pustaka Utama , Jakarta.
Published
2017-09-01
How to Cite
LUKITO, Michael Deanda. MOTIVASI BACKPACKER NUSANTARA BEPERGIAN KE SINGAPURA. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 1053 – 1067, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1033>. Date accessed: 15 aug. 2018.