PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG PROSEDUR KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK SISWA SMA

  • Friska Friska Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Fitri Dwi Kartikasari Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya
  • Lisana Lisana Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Prosedur keselamatan kerja di Laboratorium Kimia merupakan materi yang penting untuk diketahui siswa SMA, karena dalam bekerja di Laboratorium tidak menutup kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja. Akan tetapi, siswa SMA kurang mendapatkan materi tersebut. Dengan demikian dibutuhkan aplikasi pembelajaran yang membahas prosedur keselamatan kerja di Laboratorium Kimia secara keseluruhan. Dasar teori yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah teori tentang prosedur keselamatan kerja di Laboratorium Kimia, teori peralatan di laboratorium kimia, teori pembelajaran multimedia, teori media pembelajaran, dan teori gaya belajar anak. Analisis yang dilakukan adalah melakukan wawancara dengan guru kimia SMA, melakukan penyebaran kuesioner untuk siswa SMA, menganalisis media yang ada, analisis permasalahan, dan menganalisis kebutuhan sistem. Setelah tahap analisis dilakukan, maka tahap selanjutnya adalah melakukan desain untuk pembuatan aplikasi. Desain yang dibuat meliputi desain user interface, desain karakter dan sebagainya. Desain tersebut lalu diimplementasikan dengan menggunakan software Adobe Illustrator, Adobe After Effect, Adobe Audition, dan Adobe Flash. Setelah tahap implementasi selesai dilakukan, maka dilakukan proses uji coba dan evaluasi. Uji coba verifikasi untuk memastikan bahwa aplikasi bebas error. Setelah itu dilakukan uji coba validasi kepada guru kimia SMA dan siswa SMA. Hasil yang diperoleh pada saat melakukan uji coba validasi yaitu aplikasi pembelajaran yang telah dibuat dapat membantu siswa untuk memahami dan memperoleh pengetahuan tentang prosedur keselamatan kerja di Laboratorium Kimia. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dantjie, R. P, Widjasena, B, & Suroto (2016). Jurnal Kesehatan Masyarakat: Perbedaan Pengetahuan, Sikap dan Praktik Keselamatan dan Kesehatan Kerja Laboratorium antara Mahasiswa Program Studi D3 dan S1 pada Institusi Pendidikan di Semarang, 4(2), 98. Diakses tanggal 10 Juli 2017, dari:https://media.neliti.com/media/publications/18541-ID-perbedaan-pengetahuan-sikap-dan-praktik-keselamatan-dan-kesehatan-kerja-laborato.pdf

Darmawan, D. (2012). Inovasi pendidikan pendekatan praktik teknologi multimedia dan pembelajaran online. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hendratman, H. (2014). Computer Graphic Design (2nd ed.). Bandung: Informatika.

Poerwanto, K. (2005). Buku panduan laboratorium kimia mipa universitas Surabaya. Departemen matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas Surabaya: Surabaya

Prihadhi, E. K. (2008). My potency. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Riyana, C. & Susilana, R. (2009). Media pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sitorus, M. & Sutiani, A. (2013). Pengelolaan dan manajemen laboratorium kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudarmo., U. (2013). Kimia 1 untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Triadi, D. & Bharata, A. (2010). Ayo Bikin Iklan: Memahami Teori & Praktek Iklan Media Lini Bawah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Published
2017-09-01
How to Cite
FRISKA, Friska; KARTIKASARI, Fitri Dwi; LISANA, Lisana. PEMBUATAN APLIKASI PEMBELAJARAN TENTANG PROSEDUR KESELAMATAN KERJA DI LABORATORIUM KIMIA UNTUK SISWA SMA. CALYPTRA, [S.l.], v. 6, n. 2, p. Hal. 1533 – 1543, sep. 2017. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1078>. Date accessed: 15 dec. 2018.