PERANCANGAN WORKSTATION BARBERSHOP KELILING

  • Santi Santoso Jurusan Desain dan Manajemen Produk Fakultas Teknik Universitas Surabaya

Abstract

Dewasa ini kebutuhan perawatan rambut pria mulai meningkat. Para pria mulai sadar dan tidak segan untuk menunjukkan bahwa mereka membutuhkan perawatan rambut yang sama seperti wanita. Sebagian besar pria memiliki waktu yang sangat terbatas. Akan tetapi, ketika mereka hendak melakukan perawatan rambut terdapat beberapa kendala seperti waktu perjalanan dan mengantri cukup lama, lahan parkir sempit, kapster langganan tidak hadir, dan sebagainya. Mereka membutuhkan perawatan rambut yang lengkap, private, cepat dan tidak membuang waktu. Namun, hingga kini belum ada produk sarana barbershop keliling. Pembuatan tugas akhir ini bertujuan untuk merancang sebuah workstation barbershop keliling. Metode penelitian yang dilakukan adalah metode kualitatif, dimana penulis melakukan in depth interview, observasi, dan studi aktivitas. In depth interview dilakukan dengan dua puluh tiga produsen perawatan rambut (5 pegawai salon, 5 tukang pangkas rambut standing permanent, 4 tukang pangkas rambut keliling (temporary), 2 tukang pangkas rambut keliling (panggilan), dan 7 pegawai barbershop) dan sebelas konsumen perawatan rambut (2 manula, 3 pengusaha dan 6 pegawai pemerintahan). Observasi dilakukan untuk mengetahui perlengkapan perawatan rambut yang digunakan, studi aktivitas dilakukan untuk mengetahui peralatan yang digunakan, aktivitas yang dilakukan selama perawatan rambut, peletakkan perlengkapan dan konfigurasi area. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk workstation barbershop keliling.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hornoug, Clarene P. 1946. Handbook of Designs and Devices. General Publishing Company: Toronto.

Anggraini, Nenny, 2008. “Industri Kreatif”, Jurnal ekonomi Desember 2008 . Volume XIII No.3 hal.144-151.

Irawan, Bambang dan Pricilla Tamara. 2013. Dasar-Dasar Desain. Griya Kreasi: Jakarta.

Kristianto, M. Gani. 1993. Teknik Mendesain Perabotan yang benar. Kanisius: Yogyakarta.

Manajemen, PPM. 2010. Rumah Meriah dari Bisnis Kecantikan. Penerbit PPM: Surabaya.

Panero, Julius dan Martin Zelnik. 2003. Dimensi Manusia dan Ruang Interior: Buku Panduan untuk Standar-Standar Pedoman Perancangan. Erlangga: Jakarta.

Sachari, Agus. 2002. Estetika. Penerbit ITB: Bandung.

Sipahelut, Atisah dan Petrussumadi. 1991. Dasar-Dasar Desain. Depdikbud: Jakarta.

Sutrisno, Mudji. 1999. Kisi-Kisi Estetika. Kanisius: Yogyakarta.

Wiyancoko, Dudy. 2010. Desain Sepeda Indonesia. KPG (Kepustakaan Populer Gramedia) : Jakarta.
Published
2016-03-01
How to Cite
SANTOSO, Santi. PERANCANGAN WORKSTATION BARBERSHOP KELILING. CALYPTRA, [S.l.], v. 5, n. 1, p. Hal. 1 - 19, mar. 2016. ISSN 2302-8203. Available at: <https://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/2587>. Date accessed: 09 july 2020.
Section
Bidang Desain dan Manajemen Produk (DMP)