ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK INDUSTRI SUB SEKTOR SEMEN DI PT. BEI

  • Septyo Dwi Prakosa Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: a) Untuk menganalisis common sizedan rasio keuangan dalam menilai kinerja keuangan laporan keuangan perusahaan public industri sub sektor semen di PT.BEI periode 2012-2015. b) Untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan diantara masing-masing perusahaan public industri sub sektor semen di PT.BEI dengan menggunakan analisis laporan keuangan. Analisis yang dipakai adalah analisis common size, analisis rasio keuangan dan analisis komparatif. Hasil analisis common size ditemukan bahwa selama periode tahun 2012-2015 rata-rata perusahaan memiliki nilai komposisi asset lancer lebih besar dari dalam menilai kinerja keuangan nilai asset tetap, artinya perusahaan lebih memilih untuk memiliki dana cash jika dibandingkan dengan investasi dalam bentuk bangunan gedung, tanah atau peralatan. Dari komposisi pasiva rata-rata perusahaan memilik inilai komposisi ekuitas terbesar yang nilainya lebih dari dari 50% total pasiva, artinya sumber pendanaan perusahaan sebagian besaradalah berasal dari modal kerja yang diperolehdari investor.Dari nilai Laporan Rugi Laba rata-rata perusahaan memiliki komposisi beban pokok penjualan yang tinggi, hal ini menyebabkan penurunan laba kotor usaha. Jika dilihat dari hasil perhitungan rasio keuangan dalam menilai kinerja keuangan periode tahun 2012-2015, maka hasil nilai rasio aktivitas rata-rata perusahaan memiliki nilai perputaran persediaan dan perputaran piutang yang tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan efektif dalam menggunakan manajemen persediaan dan manajemen piutang. Berdasarkan analisis komparatif perbandingan kinerja keuangan masing-masing perusahaan public industri sub sektor semen di PT.BEI diperoleh hasil bahwa hampir seluruh perusahaan memiliki kinerja yang baik karena memiliki nilai rasio keuangan lebih dari 100%. Urutan pertama kinerja baika dalah PT.Semen Batu Raja, Tbk kedua adalah PT.Indocement Tunggal Perkasa, Tbk, PT.Semen Indonesia menduduki urutan ke tiga perusahaan berkinerja baik dan keempat adalah PT.Holcim Indonesia, Tbk sedangkan PT.Wijaya Karya beton memiliki kinerja baik akan tetapi periode go public yang masih 2 tahun tidak bisa di masukkan dalam menilai kinerja keuangan kategori penelitian 4 tahun periode.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brealey, Myers dan Marcus, 2012, Dasar Dasar Manajemen Keuangan Perusahaan Edisi Lima Jilid 1, Jakarta, Erlangga.

Drucker, Peter Ferdinand. 2010. Managing in the Next Society. Roudlege.

Foster, G. 1986. Financial Statement Analysis. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Ormiston, Aileen, dan Lyn M. Fraser, 2013, Memahami Laporan Keuangan, Penerbit Indeks, Jakarta.

Harahap, S. Sofyan, 2013. Analisa Kritis Atas Laporan Keuangan Edisi 1, Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Ikatan Akuntan Indonesia, 2012, Standar Akuntansi Keuangan, Edisi Revisi, Penerbit Salemba Empat : Jakarta.

Munawir, 2012, Analisis laporan keuangan, Edisi keempat, Yogyakarta: Liberty.

Prastowo, Dwi., Rifka Juliaty, 2010. Analisa Laporan Keuangan, Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Reeve, James M., Warren, Carl S., Duchac, Jonathan E., 2011. Pengantar Akuntansi Adaptasi Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Sartono, 2005, “Manajemen Keuangan : Teori dan Aplikasi”, Edisi Ketiga, penerbit, BPFE UGM, Yogyakarta.

Subramanyam, K. R. 2014. Financial Statement Analysis. New York: Mc Graw-Hill.

Weston & Thomas E Copeland, 1992, Manajemen Keuangan (Terjemahan nto), Jilid 1, Jakarta: Binarupa Aksara.

Reza Tehrani1, Mohammad Reza Mehragan1 & Mohammad Reza Golkani, 2012, A Model For Evaluating Financial Performance Of Companies By Data Envelopment Analysis A Case Study Of 36 Corporations Affiliated With A Private Organization, International Business Research; Vol. 5, No. 8, Issn
Published
2018-07-17
How to Cite
PRAKOSA, Septyo Dwi. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENILAI KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PUBLIK INDUSTRI SUB SEKTOR SEMEN DI PT. BEI. CALYPTRA, [S.l.], v. 7, n. 1, p. Hal. 15 – 30, july 2018. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1124>. Date accessed: 16 oct. 2018.