PERANCANGAN BODI SEPEDA MOTOR JUPITER MX YANG SESUAI DENGAN KEINGINAN KONSUMEN KELOMPOK UMUR 17 – 23 TAHUN

  • Fandy Hongdoyo Universitas Surabaya

Abstract

Perkembangan dunia otomotif dari masa ke masa memiliki ciri khas masing-masing, tidak terkecuali sepeda motor yang mengalami perubahan signifikan sejak digunakannya material plastik dalam industri ini. Plastik lebih mudah di bentuk sesuai desain melalui proses moulding. Citra dari sepeda motor kini dapat lebih mudah direkayasa sedemikian rupa menurut trend dan gaya hidup terkini. Masyarakat kelompok umur 17 sampai 23 tahun adalah kelompok masyarakat yang selalu menuntut perubahan dan selalu antusias dalam mengikuti trend dan gaya hidup terkini. Maka dari itu, sepeda motor kini telah menjadi salah satu cerminan jati diri pengendaranya. Tuntutan tersebut menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para produsen sepeda motor untuk mendesain sepeda motor yang dapat diterima oleh pangsa pasar potensial. Khususnya pada penelitian ini yang membahas sepeda motor Jupiter MX dari pabrikan Yamaha. Metode kualitatif dan kuantitatif digunakan oleh penulis guna mendapatkan data mengenai tuntutan pasar terhadap sepeda motor terbaru. Hasil akhir penelitian ini adalah terciptanya sebuah desain bodi sepeda motor Jupiter MX yang dapat diterima oleh pasar khususnya konsumen kelompok umur 17 sampai 23 tahun. Media promosi yang digunakan dalam manajemen produk antara lain : iklan media cetak secara umum melalui koran Jawa Pos dan web, secara khusus melalui Otoplus, Ototrend, Motorplus, Racing style, Motorev, R2, Otomotif, dan Otomodify, brosur, test drive, x-banner, dan pameran.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2013-03-01
How to Cite
HONGDOYO, Fandy. PERANCANGAN BODI SEPEDA MOTOR JUPITER MX YANG SESUAI DENGAN KEINGINAN KONSUMEN KELOMPOK UMUR 17 – 23 TAHUN. CALYPTRA, [S.l.], v. 2, n. 1, p. Hal. 1 - 21, mar. 2013. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/144>. Date accessed: 20 nov. 2017.
Section
Bidang Desain dan Manajemen Produk (DMP)