PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, HEDONIC CONSUMPTION TENDENCY, DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP FASHION-ORIENTED IMPULSE BUYING KALANGAN REMAJA DI SURABAYA

  • Ardian Kusuma Jurusan Manajemen Pemasaran Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji hubungan kausal (sebab-akibat) pengaruh fashion involvement terhadap hedonic consumption tendency kalangan remaja di Surabaya, melalui penelitian ini dapat dianalisis pula pengaruh fashion involvement  dan hedonic consumption tendency terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, dan tujuan lebih lanjut dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh fashion involvement, positive emotion, dan hedonic consumption tendency terhadap impulse buying dalam konteks belanja pada produk pakaian yang dilakukan oleh para remaja di Surabaya. Responden yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 120 orang responden dengan karakteristik responden yang pernah melakukan pembelian impulsif minimal 2 kali dalam 6 bulan terakhir pada kategori produk pakaian, responden yang suka memakai pakaian yang sedang trend saat ini, responden yang pernah berbelanja pakaian di butik atau toko khusus fashion, responden yang pernah melakukan pembelian atas dasar kesenangan, responden berdomisili di Surabaya, responden berusia 18 sampai 24 tahun, dan responden minimal berpendidikan terakhir SMA. Penelitian ini dilakukan melalui pengambilan sample dengan metode non probability sampling dengan teknik convience sampling dan menggunakan skala pengukuran skala likert 7 point. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan software Lisrel 8.70. Untuk membuktikan hipotesis kerja yang diduga berpengaruh antara variabel fashion involvement, positive emotion, hedonic consumotion tendency, dan fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya maka uji yang digunakan adalah uji t dimana hipotesis dapat diterima apabila nilai t ≥ 1,96.  Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa fashion involvement berpengaruh positif terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, fashion involvement berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya, fashion involvement berpengaruh positif terhadap hedonic consumption tendency kalangan remaja di Surabaya, hedonic consumption tendency berpengaruh positif terhadap positive emotion kalangan remaja di Surabaya, hedonic consumption tendency berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying kalangan remaja di Surabaya, dan positive emotion berpengaruh positif terhadap fashion-oriented impulse buying.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arbuckle, J. 1997. Amos User Guide Version 3.6, Chicago IL: Smallwaters Corporation.

Astuti, R. D., dan Fillipa, M. 2008. Perbedaan pembelian secara impulsif berdasarkan tingkat kecenderungan, kategori rpoduk dan pertimbangan pembelian, Jurnal Ichsan Gorontalo Volume 3 No.1

Baumgarner, S. R. 2010. Positive Psychology. United Stated:Pearson Education,inc

Bayley, G. And Nancarrow, C. 1998. Impulse purchasing: a qualitative exploration of the phenomenon, Qualitative Market Research: An International Journal Vol.1 No.2, pp. 99-114.

Bentler, P. M. & Bonet, D. G. 1980. Significance test adn goodness of fit in the analysis of covariance structures. Psychological Bulletin, 88, 588-606.

Beatty, S. E., and Ferrell, M. E. 1998. Impulse buying : modeling its precusors, Journal of Retailing Vol.74 No. 2. Pp. 169-191.

Deswita. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung. Remaja Rosdakarya. Diakses secara online http://belajarpsikologi.com/pengertian-remaja/ diunduh pada tanggal 18 Mei 2014

Doll, W. J., Xia, W. Dan G. Torkzadeh. 1994. Confirmatory Factor Analysis of The End User Computing Satisfaction Instrument, MIS Query, Desember, 456-461.

Hair, J. F. Jr., Anderson, R. E., Tatham, R. I., and Black, W. C. 1998. Multivariat Data Analysis, USA: Prentice Hall Inc.

Hausman, A. 2000. A multi-method investigation of consumer motivations in impulse buying behavior. Journal of Consumer Marketing Vol. 17 No. 5, pp 403-19

Hernawan, (2012). 10 Karakter Unik Konsumen Indonesia. Diambil secara online pada http://www.marketing.co.id/10-karakter-unik-konsumen-indonesia/, tanggal 18 Mei 2014

Japariyanto, E. Dan Sugiyono Sugiarto. 2011. Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behavior Masyarakat High Income di Surabaya. Jurnal Menejemen Pemasaran vol 6 no1, p.32-41

Mowen, J. C & Minor, M. 2003, Perilaku Konsumen. Edisi Kelima Jilid 2. (terjemahan), Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mowen, J. C., & Minor, M. 2001. Consumer Behavior. Harcourt College Publisher.
Published
2014-09-01
How to Cite
KUSUMA, Ardian. PENGARUH FASHION INVOLVEMENT, HEDONIC CONSUMPTION TENDENCY, DAN POSITIVE EMOTION TERHADAP FASHION-ORIENTED IMPULSE BUYING KALANGAN REMAJA DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 17, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1453>. Date accessed: 21 nov. 2018.