STUDI DESKRPTIF DESTINATION IMAGE KABUPATEN TABANAN MENURUT WISATAWAN BERDOMILISI DI SURABAYA

  • Kevin Sarchan Indrawan Jurusan Manajemen Layanan dan Pariwisata Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menggambarkan image kabupaten Tabanan sebagai tujuan wisata menurut wisatawan asal Surabaya. Target populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah wisatawan domestik yang bertempat tinggal di Surabaya yang pernah berlibur di Kabupaten Tabanan. Dipilihnya responden tersebut dimaksudkan agar informasi atau data yang didapat untuk kebutuhan penelitian sesuai dengan kenyataan (obyektif). Karekteristik populasi adalah pria atau wanita, minimal pendidikan terakhir SMA, bertempat tinggal di Surabaya, pernah melakukan kunjungan ke Kabupaten Tabanan minimal 2 objek wisata, kunjungan terakhir 1 tahun yang lalu, Sampel adalah sebagian dari jumlah populasi yang karakteristiknya hendak diteliti dan biasanya mewakili keseluruhan populasi. Aras pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah aras interval. Aras interval adalah aras pengukuran yang memiliki jarak yang sama dan selisih yang jelas pada skala. Kuesioner dibagikan kepada responden bersifat tertutup (close ended question) yaitu jawaban responden telah dibatasi dengan menyediakan alternatif jawaban. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini antara lain menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, presentasi diagaram pie, dan tabulasi silang.  Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa wisatawan mempersepsikan Destination Image Kota Kabupaten Tabanan telah baik. Dimensi yang memiliki urutan nilai mean tertinggi adalah Place And Architectural Structure, pernyataan pada place and architectural structure dengan nilai mean tertinggi adalah pada pernyataan pemandangan di Kabupaten Tabanan. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bozbay PhD, and Ozen,2008,”The Assesment of Greece’s Image as a Tourism Destination”,p.14-27

Crompton1979; Kotler Haider and Rein, 1993

Masagung Surendra, Wayan “Studi Deskriptif Destination Image Berdasarkan Persepsi Wisatawan Di Surabaya” 2012, Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya, tidak dipublikasikan

Soekadijo,1996, Anatomi Pariwisata, Gramedia Pustaka Utama, cetakan pertama, Jakarta

Suwantoro, Gamal, 1997, Dasar-dasar Pariwisata, ANDI, cetakan ketiga, Yogyakarta
Published
2014-09-01
How to Cite
INDRAWAN, Kevin Sarchan. STUDI DESKRPTIF DESTINATION IMAGE KABUPATEN TABANAN MENURUT WISATAWAN BERDOMILISI DI SURABAYA. CALYPTRA, [S.l.], v. 3, n. 2, p. Hal. 1 - 10, sep. 2014. ISSN 2302-8203. Available at: <http://journal.ubaya.ac.id/index.php/jimus/article/view/1456>. Date accessed: 21 nov. 2018.